Pendaftaran Pelatihan Asesor Lembaga Inspeksi    Pendaftaran Pelatihan Asesor Laboratorium Medik    Program Uji Profisiensi tahun 2016 untuk Laboratorium Medik    Rencana Program Nasional Regulasi Teknis (PNRT) Tahun 2016-2017    Program UP oleh PT Provider di luar Indonesia    Berikan Suara Anda dalam Rancangan SNI Usaha Angkutan Jalan Wisata    Peran Standardisasi dalam mendukung UMKM menuju Kompetisi Pasar Global    Penyelenggaraan Uji Profisiensi oleh Penyelenggara Uji Profisiensi (PUP) Terakreditasi KAN Tahun 2016    Memahami SNI Jadi Kunci    Berikan Suara Anda dalam Jajak Pendapat (E-Ballot) Rancangan SNI Batik    FORSTAN Siap Galakkan Pendidikan Standardisasi   

BADAN STANDARDISASI NASIONAL

STANDAR NASIONAL INDONESIA

KOMITE TEKNIS

REGULASI TEKNIS

LEMBAGA PENILAIAN KESESUAIAN

AKUNTABILITAS KINERJA

REFORMASI BIROKRASI

ARSIP

In House Training Pemahaman SNI ISO/IEC 17020:2012 di PT Sucofindo

SNI ISO/IEC 17020:2012, Penilaian Kesesuaian merupakan persyaratan untuk pengoperasian berbagai tipe lembaga inspeksi yang diadopsi identik dari ISO/IEC 17020:2012. Standar ini merupakan revisi dari SNI 19-17020-1999.


Pelatihan Pemahaman SNI ISO/IEC 17025:2008 ini berlangsung selama 2 hari (29 – 30 April 2013) di PT Sucofindo, Jakarta. Pada pelatihan kali ini Bidang Diklat Badan Standardisasi Nasional (BSN) menerjunkan instruktur Dr. Ing. Amir Partowiyatmo. Adapun tujuan dari diadakannya pelatihan ini yaitu untuk meningkatkan kompetensi personel yang merupakan para kepala bidang inspeksi dari setiap cabang di PT Sucofindo terhadap standar SNI ISO/IEC 17020:2012.

 

SNI ISO/IEC 17020:2012 ini terdiri dari persyaratan umum (kemandirian dan ketidakberpihakan, kerahasiaan), persyaratan struktural (persyaratan administrasi, organisasi dan manajemen), persyaratan sumber daya (personel, fasilitas dan peralatan, sub kontrak), persyaratan proses (metode dan prosedur inspeksi, penanganan barang dan sampel inspeksi, rekaman inspeksi, laporan inspeksi dan sertifikat inspeksi, keluhan dan banding, prosedur keluhan dan banding), persyaratan manajemen (pilihan, dokumentasi sistem manajemen, pengendalian dokumen, pengendalian rekaman, tinjauan manajemen, audit internal, tindakan korektif, tindakan pencegahan).

 

Pada hari pertama pelatihan disampaikan penjelasan mengenai akreditasi lembaga inspeksi serta syarat aturan akreditasi lembaga inspeksi. Dalam persentasinya disampaikan awalnya mengenai 3 pilar dalam sistem standardisasi nasional yaitu metrologi, standarisasi, dan penilaian kesesuaian untuk meningkatkan daya saing produk nasional.

 

Dalam Standar SNI ISO/IEC 17020:2012 ini mencakup berbagai kegiatan inspeksi termasuk pemeriksaan bahan, produk, instalasi, pabrik, proses, prosedur kerja atau prosedur jasa dan penentuan kesesuaiannya dengan persyaratan serta selanjutnya melaporkan hasil inspeksi kepada klien dan bila diperlukan kepada otoritas.

Dengan diadakannya pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan wawasan dan pengetahuan personel di PT Sucofindo terhadap standar SNI ISO/IEC 17020 dan kebutuhan pemenuhannya di unit kerja sehingga pada akhirnya akan diperoleh pemahaman untuk peningkatan pengetahuan serta memberikan pembekalan kepada para Kepala Bidang Inspeksi untuk mampu mengatasi masalah - masalah kesisteman yang terjadi di cabang dan dapat mendukung kapasitas kompetitif yang hendak dibangun. (Fad)

Sumber :


Tinggalkan Komentar Anda

Nama

: *

Email

: *

Website

:

Komentar

:

Code Security

: