Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

KAN telah mendapatkan penambahan status Signatory MLA PAC untuk bidang Sistem Manajemen Keamanan Pangan (SMKP)

  • Jumat, 24 Mei 2013
  • 1296 kali

Joint Annual Meeting PASC PAC 2013 sedang dilangsungkan di Honolulu, Hawaii sejak tanggal 18 Mei 2013 dan berakhir hingga 26 Mei 2013. Khusus dalam pembahasan permasalahan akreditasi di negara-negara kawasan Pasifik, Pasific Accreditation  Cooperation (PAC) telah merampungkan beberapa agenda penting, antara lain MLA Management Committee Meeting, Executive Committee Meeting, Technical Committee Working Group Meeting, Technical Committee Meeting, Development Programs Committee Meeting, Communication and Marketing Committee Meeting, dan MLA Group Meeting, kemudian dilanjutkan dengan Plenary Meeting, Workshop on MLA Scope and Process, dan Trainee Peer Evaluator Workshop for Technical Experts in New Programs.

 

Salah satu agenda keputusan penting diantaranya pada MLA Group Meeting tanggal 22 Mei 2013 yang memutuskan untuk mempertahankan status signatory MLA KAN untuk skema akreditasi sistem manajemen mutu, sistem manajemen lingkungan, dan produk, serta menambah ruang lingkup baru untuk skema akreditasi sistem manajemen keamanan pangan (SMKP). Untuk lingkup SMKP, KAN merupakan badan akreditasi yang pertama kali berhasil mendapatkan signatory MLA di antara anggota PAC. 

 

MLA Group Meeting juga membahas status MLA badan akreditasi DAC (Dubai), SLAB (Sri Lanka), PNAC (Pakistan), KAB (Korea), NABCB (India), IAJapan (Jepang), dan Standard Malaysia.

 

Dalam pertemuan PAC tersebut, Delegasi Indonesia dipimpin oleh Deputi Bidang Penerapan Standar dan Akreditasi BSN / Sekretaris Jenderal KAN, Suprapto dan Kepala / Manajer Bidang Akreditasi Produk, Pelatihan dan Personel, Heru Suseno, serta Asesor KAN, Suminto.

 

Penandatanganan MLA dilakukan oleh Ketua PAC, Shinichi Iguchi dan Sekretaris Jenderal KAN, Suprapto, didampingi oleh Sekretaris PAC, Belinda Mort, dengan disaksikan oleh seluruh peserta Joint Annual Meeting PASC PAC 2013.