Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

BSN dan Puslit KIM-LIPI Berpartisipasi dalam Pertemuan Metrologi Internasional di BIPM, Perancis, 23 - 24 Oktober 2013

  • Jumat, 25 Oktober 2013
  • 1818 kali

Komite Standar Nasional untuk Satuan Ukuran (KSNSU) yang dikelola oleh BSN  mengkoordinasikan lembaga metrologi nasional (NMI) dalam melaksanakan tugasnya menjamin ketertelusuran metrologis di Indonesia. NMI Indonesia atau Pengelola Teknis Ilmiah SNSU adalah Puslit KIM-LIPI yang telah menjalin kerjasama dan kesepakatan saling pengakuan untuk kemampuan pengukuran dan kalibrasi dalam lingkup internasional dengan NMI negara-negara lain yang menjadi anggota Konvensi Meter. Kerjasama tersebut dikoordinasikan oleh Biro Internasional untuk Timbangan dan Ukuran / Panitia International untuk Timbangan dan Ukuran (BIPM/CIPM).

BIPM menyelenggarakan Meeting of NMI Directors and Member States Representatives yang merupakan pertemuan rutin tahunan untuk membahas program-program dan melaporkan hasil-hasil realisasinya serta evaluasi pemanfaatannya. Pertemuan tahun 2013 dilakukan pada tanggal 23 - 24 Oktober 2013 di BIPM, Sevres, Perancis. Materi yang dibahas mencakup capaian-capaian ilmiah di bidang metrologi dari kolaborasi antara BIPM dan NMI serta antar NMI, pemutakhiran tata kerja dan perencanaan strategis BIPM/CIPM. Delegasi Indonesia pada pertemuan tahun ini adalah Yoes Usman Suhendar, Dede Erawan (BSN) dan Mego Pinandito (Puslit KIM-LIPI)

Delegasi Indonesia pada Meeting of NMI Directors and Member States Representatives di BIPM, Paris, 23 – 24 Oktober 2013, berturut-turut kesatu, ketiga dan keempat dari kiri: DedeErawan (BSN), MegoPinandito (Puslit KIM-LIPI) dan Yoes Usman Suhendar (BSN). Kedua dari kiri adalah Dr. Fatihdari Tubitak – UME, lembaga metrology nasional Turki.




­