Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Zona SNI hadir di Taman Pintar Yogyakarta

  • Rabu, 18 Desember 2013
  • 1623 kali

Badan Standardisasi Nasional (BSN) meresmikan zona standardisasi di Taman Pintar Yogyakarta pada hari Senin,16 Desember 2013. Peresmian dilakukan oleh Dewi Odjar Ratna Komala selaku Deputi Informasi Bidang Informasi dan Pemasyarakatan Standardisasi dan Haryadi Suyuti selaku Walikota Yogyakarta. Peresmian Zona Standardisasi ini juga bertepatan dengan ulang tahun Taman Pintar yang sudah jatuh di tahun kelima.


Haryadi Suyuti memberlakukan tiket masuk gratis bagi pelajar Yogya untuk masuk Taman Pintar pada hari Selasa(17/12/13) dalam rangka ulang tahun Taman Pintar. “Untuk pelajar Yogya gratis masuk,namun pelajar luar kota tetap bayar” paparnya. Haryadi juga sangat mengapresiasi BSN atas kepercayaannya membangun Zona Standardisasi di Taman Pintar untuk lahan edukasi terhadap anak-anak. “Taman Pintar adalah tempat wisata yang memberikan edukasi secara menyenangkan. Kehadiran zona standardisasi ini adalah bagian dari komitmen pemerintah untuk memberikan pengetahuan yang lebih luas kepada generasi muda” jelas Haryadi Suyuti di sela peresmian zona standardisasi. Haryadi berharap keberadaan tersebut semakin mendorong masyarakat untuk menguasai teknologi yang berkembang pesat akhir akhir ini.

Sementara itu Dewi Odjar mengatakan, melalui zona tersebut akan ditampilkan beberapa permainan edukatif mengenai Standar Nasional Indonesia. “Sejak awal kami selalu memonitor perkembangan Taman Pintar, dan seharusnya Taman Pintar dijadikan model percontohan bagi pengembangan lembaga sains. Terutama lembaga bermain dan belajar yang dikelola pemerintah. Di Indonesia sendiri baru ada 11 lembaga sains seperti Taman Pintar” paparnya.

Kepala Kantor Pengelola Taman Pintar, Yunianto Dwisutono mengatakan, keberadaan Zona Standardisasi merupakan kado ulang tahun kelima Taman Pintar dan menjadi zona ke-47 yang dimiliki. Diharapkan mampu memberikan pemahaman kepada masyarakat terkait standardisasi. “Tiap tahun selalu ada zona baru, ini semakin memotivasi kami untuk memberikan permainan edukatif bagi anak anak yang berkunjung kesini” paparnya.


Zona Standardisasi tersebut terletak di gedung kotak lantai tiga. Didalamnya berisi berbagai permainan yang edukatif mengenai Standar Nasional Indonesia (SNI), antara lain :

  1. Fliptop ada SNI di Sekelilingku – melihat dan membaca
  2. Ukuran Baju – melihat, membaca dan praktek
  3. Ukuran Sepatu – melihat, membaca dan praktek
  4. Uji Helm – praktek menggunakan alat peraga
  5. Video pengujian helm dan tabung gas – belajar dengan menonton video
  6. Ular tangga – belajar sambil bermain. (d’art)