Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Kementerian & LPNK Ristek Tingkatkan Kinerja dan Layanan

  • Kamis, 02 Januari 2014
  • 1768 kali

Kementerian dan Lembaga Pemerintah Non Kementerian (LPNK) Riset dan Teknologi (Ristek) berupaya meningkatkan kinerjanya. Begitu pula dengan hasil inovasi ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) yang dapat dilihat dan dirasakan oleh masyarakat perlu dikembangkan terus menerus. Termasuk dalam LPNK Ristek adalah Badan Standardisasi Nasional (BSN), Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN), Badan Pengawas Tenaga Nuklir (BAPETEN), Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), dan Badan Informasi Geospasial (BIG).
    

Demikian diungkapkan Menristek, Gusti Muhammad Hatta dalam “Kick Off Peningkatan Kinerja Kementerian dan LPNK Ristek di Auditorium Gedung BPPT, Jakarta hari ini Kamis (02/01/14).
    
Terkait hasil iptek, Menristek rencananya pada tahun 2014 juga akan mempresentasikan teknologi yang sudah proven di hadapan para industri dan bisnis. Diharapkan dapat diproduksi secara massal dan bermanfaat untuk masyarakat.

Sementara mengenai mobil listrik, Menristek mengatakan pada tahun 2014, akan ditindaklanjuti dengan mengantarkan bahwa mobil listik benar-benar diproduksi mengingat tugas Kemenristek dan LPNK Ristek hanya sampai pada prototype, selanjutnya adalah Kementerian teknis lainnya. Oleh karenanya, beliau berharap ini dapat berlanjut dan dilaksanakan.
    

Turut hadir dalam acara adalah Kepala BSN Bambang Prasetya, Kepala BATAN Djarot S. Wisnubroto, Kepala LIPI, Lukman S. Hakim , Kepala BAPETEN As Natio Lasman, Kepala BIG, Asep Karsidi, Kepala LAPAN Bambang S. Tejasukmana, Kepala BPPT, Marzan A. Iskandar, Deputi Bidang Pengawasan dan Akuntabilitas Aparatur Kementerian PAN & RB, Muhammad Yusuf Ateh, Deputi Bidang Penerapan Standar dan Akreditasi, Suprapto, Deputi Bidang Informasi dan Pemasyarakatan Standardisasi, Dewi Odjar Ratna Komala, pejabat eselon 1 di lingkungan Kemenristek dan LPNK Ristek serta tamu undangan lainnya

Di sisi lain, Sesmen Ristek, Hari Purwanto melaporkan mengenai roadshow Ristek ke seluruh LPNK Ristek yang dipimpin oleh Tim JAKSTRANAS IPTEK. Bertujuan untuk mencari masukan dan merumuskan arah prioritas utama kerangka kebijakan serta scientology inovasi nasional 2015-2019 agar lebih terukur, jelas, realistis dan optimis.

Acara dilanjutkan dengan pemaparan “Penerapan SAKIP dalam rangka Pelaksanaan Reformasi Birokrasi Pemerintah Pusat” oleh Deputi Bidang Pengawasan dan Akuntabilitas Aparatur Kementerian PAN & RB, Muhammad Yusuf Ateh yang dimoderatori Kepala LAPAN Bambang S. Tejasukmana.


Di akhir acara, Menristek mengajak keseluruhan peserta yang hadir untuk meningkatkan kinerja dengan semangat baru, membangun Indonesia. (nda/awg)