Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

BSN Jajaki Kerjasama dengan Universitas Hang Tuah Surabaya

  • Jumat, 11 April 2014
  • 1272 kali

Bertempat di Gedung Manggala Wanabakti Senaya Jakarta (11/04/2014), Kepala Badan Standardisasi Nasional (BSN) Prof. Bambang Prasetya menerima kunjungan tamu istimewa dari kalangan akademisi yaitu Rektor Universitas Hang Tuah Surabaya Bpk. Mochamad Jurianto beserta beberapa koleganya yaitu Cuk Sutoyo selaku Dosen Luar Biasa pada Fakultas Teknik dan Ilmu Kelautan didampingi oleh Dr. Nuhman sebagai Kepala Unit Pelaksana Teknis Penjamin Mutu Univ. Hang Tuah dan Karma Budiman sebagai kepala lembaga penelitian dan pengabdian masyarakat. kunjungan ini dimaksudkan bahwa selain menjalin silahturahmi dengan BSN juga untuk menjajaki kerjasama bagaimana standar dan akreditasi bisa diimplementasikan di dunia pendidikan.

 

Dalam pertemuan ini ditampilkan video profil dan peran BSN dalam mengembangkan standardisasi di dunia industri dan perkembangannya di dunia pendidikan, Prof. Bambang menyambut baik bahwasanya kalangan akademisi dirasa sangat perlu untuk mengetahui  dan mengenalkan dunia standar di kalangan civitas universitas dan dalam kurun 14 tahun terakhir BSN sudah mengadakan kerjasama dengan 28 universitas di seluruh Indonesia, dalam pertemuan ini dihadiri oleh para Deputi serta Pejabat BSN terkait. Selain itu Prof. Bambang menyampaikan bahwa mimpi dari BSN adalah standar dan penilaikan kesesuaian mengantarkan Indonesia di dunia International untuk lebih maju lagi.

 

M. Jurianto selaku rektor menyampaikan bahwa Univ. Hang Tuah juga mempunyai beberapa laboratorium pendidikan yang akan diperluas mengenai fungsi serta kegunaannya. Untuk itulah selain beberapa potensi yang bisa dikembangkan Jurianto menilai bahwa bagaimanapun juga mutu akan selalu terkait dengan standar.

 

Selaku Pelaksana Teknis Penjamin Mutu, Nuhman menyampaikan bahwa rasa ingin tahu Univ. Hang Tuah untuk mengetahui lebih dalam standar apa saja yang dibutuhkan di dunia pendidikan dan upaya kedepan untuk bisa mengembangkan standar di dunia pendidikan terutama dikalangan universitas sangatlah besar. 

 

Menanggapi hal tersebut Deputi Informasi dan Pemasyarakatan Standardisasi BSN-Dewi Odjar Ratna Komala menyampaikan bahwa BSN memiliki ± 7900 standar SNI aktif yang informasi mengenai standar ini dapat bisa diakses langsung oleh Hang Tuah. Selain itu pengembangan kerjasama dengan perguruan tinggi terus diupayakan oleh BSN selama ini, bagaimana mengembangkan ilmu tentang standardisasi, bagaimana standardisasi akan bekerja sampai memelihara standar itu sendiri akan menjadi bekal bagi tenaga pengajar yang nanti akan diberikan pelatihan khusus oleh BSN yang nantinya bisa disampaikan oleh generasi penerus agar tidak buta akan standar. 

 

Ditambahkan juga oleh Deputi Bidang Penerapan Standar dan Akreditasi, Suprapto terkait dengan beberapa laboratorium pendidikan yang sudah diakreditasi oleh Komite Akreditasi Nasional-KAN (baik itu laboratorium pengujian maupun kalibrasi) salah satu tujuannya adalah untuk bisa memfasilitasi stakeholder.  Selain itu Suprapto juga menegaskan bahwa dengan sertifikat akreditasi oleh KAN berarti hasil pengujian Laboratorium di lembaga pendidikan akan diakui di seluruh dunia.