Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Penjajakan Kerjasama Penelitian Puslitbang BSN Dengan PTB � Jerman

  • Selasa, 29 April 2014
  • 1505 kali

Dalam rangka memperluas kerjasama penelitian standardisasi, Puslitbang Standardisasi - BSN melakukan penjajakan kerjasama penelitian standardisasi dengan berbagai institusi baik dalam maupun luar negeri. Untuk penjajakan kerjasama dalam negeri pada tahun 2014 telah dilakukan dengan Kementerian Perdagangan, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, dan Kementerian Koperasi dan UKM. Dalam waktu dekat Puslitbang Standardisasi - BSN akan melakukan kesepakatan kerjasama penelitian standardisasi dengan Institut Teknologi Sepuluh November (ITS). 

Pada kesempatan kali ini Puslitbang Standardisasi - BSN berupaya melakukan penjajakan tersebut dengan Physikalisch-Technische Bundesanstalt (PTB), Jerman. 

Dalam rangka penjajakan kerjasama Penelitian Puslitbang BSN dengan PTB – Jerman, telah dilaksanakan pertemuan pada tanggal 22 April 2014 bertempat di Ruang A – BSN, Gedung Manggala Wanabakti Lantai 4, atas pengarahan dari Deputi Bidang Penelitian dan Kerjasama Standardisasi BSN dan rekomendasi dari Ir. Juliantino, MM, Kepala Puslitbang Standardisasi – BSN,  maka Kepala Bidang Evaluasi dan Kerjasama Penelitian, melakukan penjajakan kerjasama Penelitian dengan Physikalisch-Technische Bundesanstalt (PTB) Jerman. Pihak PTB Jerman diwakilkan oleh Mr. Alex Inklaar dan Mr. Dieter Hinterwaeller selaku perwakilan PTB yang dikirim langsung dari Jerman,  sedangkan Puslitbang BSN diwakili oleh Ir. Bendjamin B.L, M.H. Kepala Bidang Evaluasi dan Kerjasama Penelitian (EKP) merangkap Koordinator Penelitian AEC tahun 2014,  bersama-sama dengan Tim Penelitian AEC tahun 2014  yaitu bapak Suminto, Teguh Pribadi A, Danar Agus Susanto, Ary Budi Mulyono, Reza Lukiawan, Novin Aliyah. Dalam presentasi tersebut  Ir. Bendjamin B.L, M.H.  menyampaikan presentasi terkait dengan tujuan, sasaran, program dan progress penelitian AEC tahun 2014 yang sedang dilakukan oleh Tim Penelitian Puslitbang BSN.

Sesungguhnya ide kerjasama penelitian di bidang standardisasi ini sebagai tindaklanjut dari hasil Sidang ASEAN Consultative Committee for Standards and Quality (ACCSQ), ke-41 di Luang Prabang, Lao PDR, tanggal 7 – 11 April 2014. Dari Report Hasil Sidang ACCSQ ke-41 tersebut, Agenda 8.5 yaitu “PTB ACCSQ Cooperation, paragraf 129 The Meeting noted that PTB has provided the Executive Summary of the Feasibility Study of ACM which will be presented by PTB in detail at the 10th ACCSQ-PTB meeting”.  Singapore informed the Meeting that the JSC EEE will not use the ACM. Didasari pada paragraf 129 tersebut maka “PTB harus melakukan Feasibility Study khususnya sektor Electronic and Electrical Equipment (EEE) yang ada relevansinya dengan salah satu Sektor dari Penelitian AEC tahun 2014 di Puslitbang Standardisasi – BSN. Berawal dari hal tersebut Puslitbang Standardisasi - BSN bermaksud untuk melakukan  “Reserach Cooperation” atau “Colaboration Reserach” antara Pihak Puslitbang BSN dengan PTB Jerman.
Adapun tujuan dari pertemuan dan penjajakan kerjasama penelitian tersebut yaitu terwujudnya kerjasama penelitian dalam rangka Kesiapan SNI dan Lembaga Penilaian Kesesuaian (LPK)  di Indonesia khusunya sektor Electronic and Electrical Equipment (EEE). Pihak PTB Jerman hanya terfokus pada sektor EEE dan aplikasinya sampai dengan ASEAN Harmonised Electrical and Electronic Equipment Regulatory Regime (AHEER). Sebaliknya Puslitbang Standardisasi - BSN, melakukan penelitian AEC tahun 2014  berdasarkan atas produk prioritas ASEAN yang meliputi sektor: produk  dasar kayu, produk dasar karet, peralatan kesehatan dan Electronic and Electrical Equipment (EEE). Untuk sektor yang lainnya akan dilakukan penelitian lanjutan atau kerjasama dengan pihak terkait pada tahun yang akan datang.

Diharapkan dari hasil diskusi tersebut antara  Bidang Evaluasi dan Kerjasama Penelitian  (EKP) beserta Tim Penelitian AEC tahun 2014 dengan pihak PTB Jerman akan disepakati dan ditandatangani Memorandum of Understanding (MoU) kerjasama penelitian antara kedua belah pihak yang saling menguntungkan dan membantu dalam melaksanakan penelitian tersebut. Di sisi lain bahwa diharapkan dari hasil penelitian Puslitbang BSN tahun 2014 dapat mendukung program PTB Jerman dalam memberikan data dan laporan kepada ASEAN Secretary, pada sidang ACCSQ ke-42 di Myanmar, bulan September 2014, yang akan datang, sesuai dengan Agenda 8.5 di atas.  Pada kesempatan tersebut dipaparkan oleh Mr. Alex Inklaar bahwa PTB mempunyai fokus perhatian dengan ASEAN pada sektor Electronic and Electrical Equipment (EEE)  dan memerlukan data terkait hal tersebut. Dikatakan pula bahwa pada dasarnya PTB memiliki keterbatasan Sumber Daya karena itu disarankan agar Bidang EKP Puslitbang BSN dapat menghubungi European Academy of Standardization (EURAS) yang akan dapat memberikan peluang dan kesempatan untuk melakukan kerjasama penelitian standardisasi dengan institusi penelitian di luar negeri.

Selanjutnya dari hasil diskusi dan penjajakan tersebut maka Kepala Bidang Evaluasi dan Kerjasama Penelitian (EKP) Puslitbang BSN akan melaporkan hasil tersebut kepada Deputi Bidang Penelitian dan Kerjasama Standardisasi, Kepala Puslitbang Standardisasi BSN dan Mrs. Andrea Ulbrich selaku Coordinator Project PTB Jerman, di Berlin - Jerman, pada Minggu ke-4 April 2014, untuk mendapatkan persetujuan atas usulan kerjasama penelitian di bidang standardisasi dimaksud (BBL & NA).