Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

BSN tandatangani MoU dengan KADIN DKI Jakarta

  • Kamis, 08 Mei 2014
  • 1281 kali

Badan Standardisasi Nasional (BSN) melakukan penandatanganan Nota Kesepahaman dengan Kamar Dagang dan Industri (KADIN) DKI Jakarta di Four Seasons Hotel, Jakarta pada Selasa (06/05/2014). Penandatanganan dilakukan oleh Sekretaris Utama BSN Puji Winarni dengan Ketua Umum KADIN DKI Jakarta Eddy Kuntadi.

 

Tujuan kerjasama adalah saling sinergi kemampuan dan sumber daya kedua belah pihak dalam pembinaan dan penerapan Standar Nasional Indonesia (SNI) guna peningkatan daya saing produk nasional dan melindungi kepentingan masyarakat. KADIN berkeinginan untuk membantu BSN untuk meningkatkan penerapan SNI, mensosialisasikan memasyarakatkan standardisasi di kalangan industri.

 

Penandatanganan kerjasama ini dilakukan dalam acara Rapat Pimpinan Provinsi I Tahun 2014 Kepengurusan Masa Bakti 2013-2018 KADIN DKI Jakarta dengan tema “Optimalisasi Pembangunan Infrastruktur dan Pelayanan Terpadu Dunia Usaha Memasuki AEC 2015”.

 

Menurut Ketua KADIN DKI Jakarta, dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN 2015, Indonesia perlu mempersiapkan daya saing. Salah satu yang perlu diperhatikan adalah infrastruktur. Secara infrastruktur, Indonesia masih tertinggal di banding dengan negara ASEAN lainnya yakni Indonesia berada di urutan ke-82. Dan hal tersebut akan mempengaruhi pada sektor logistik.

 

 

Oleh karenanya, Eddy mengajak keseluruhan lapisan mulai dari pemerintah, industri, dan masyarakat untuk secara bersama-sama mendukung dan mendorong Indonesia menjadi negara yang berdaya saing.

 

Lebih lanjut, Ketua KADIN Indonesia, Suryo B. Sulistio dalam sambutannya mengatakan pemerintah perlu melindungi kepentingan Indonesia dari serbuan barang-barang impor. Diantaranya dengan melakukan cara yang halal yakni non tariff barier melalui penerapan standar.

 

Dengan ditandatanganinya MoU dengan KADIN DKI Jakarta, Sestama BSN berharap penerapan SNI di kalangan industri semakin meningkat terutama dalam menyambut MEA 2015.

 

Selain penandatanganan MoU BSN dengan KADIN DKI Jakarta juga dilakukan penadatanganan MoU antara KADIN DKI Jakarta dengan PT. Saimas Akhmad Pratama. (nda)