Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

BSN menyelenggarakan workshop konseptor RSNI

  • Senin, 26 Mei 2014
  • 1142 kali

Memahami bahwa konseptor merupakan ujung tombak perumusan SNI, BSN menyelenggarakan workshop konseptor Rancangan SNI (RSNI) pada tanggal 22-23 Mei 2014 bertempat di Hotel Sotis, Jakarta. Penyelenggaraan workshop dimaksudkan agar para konseptor memahami dan menyusun RSNI berdasarkan kaidah perumusan SNI yang tertuang dalam Pedoman Standardisasi Nasional (PSN yang relevan, maupun ISO Guide, sehingga dapat terwujud SNI yang berkualitas.

Workshop dibuka oleh Kepala Pusat Perumusan Standar, Ir. I Nyoman Supriyatna, M.Sc., dengan menekankan perlunya proses perumusan SNI yang simpler, faster, dan better.  Beberapa materi dalam workshop tersebut adalah pengembangan SNI, ketentuan umum penulisan SNI, ketentuan aspek keselamatan dalam standar, ketentuan isu lingkungan pada standar, adopsi standar internasional menjadi SNI, serta penulisan SNI. Selain itu, kepada peserta workshop diberikan simulasi penyusunan SNI.  Workshop dihadiri oleh sekitar 50 orang peserta.

 

 

Workshop ini merupakan rangkaian penyelenggaraan peningkatan SDM pengembangan SNI, baik editor, konseptor, maupun Tenaga Ahli Standardisasi.  Selain penyelenggaraan woskhop untuk konseptor RSNI di Jakarta, BSN juga telah bekerjasama dengan berbagai lembaga penelitian dalam penyelenggaraan workshop serupa, antara lain Kementerian Pekerjaan Umum Bandung; Balai Besar Karet, Kulit, dan Plastik (BBKKP) Yogya, Balai Besar Bahan dan Barang Teknik (B4T) Bandung, Kementerian Perikanan, serta Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT). (EP)