Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

BSN serahkan SNI Corner 2014 kepada ITS

  • Kamis, 19 Juni 2014
  • 1396 kali

 

Badan Standardisasi Nasional (BSN) menetapkan Perpustakaan ITS (Institut Teknologi Sepuluh Nopember) sebagai Penerima Insentif SNI Corner tahun 2014. Penyerahan SNI Corner ditandai dengan penyampaian Surat Keputusan Kepala BSN tentang Penerima SNI Corner tahun 2014 oleh Kepala BSN Prof. Dr. Bambang Prasetya, MSc kepada Wakil Rektor IV ITS Prof. Dr. Darminto, MSc. - yang mewakili Rektor ITS, dalam rangkaian acara Pembukaan Pertemuan dan Presentasi Ilmiah Standardisasi (PPIS) 2014 yang diselenggarakan di Hotel JW Marriot Surabaya, Rabu (19/06/2014).

 

 

SNI  corner merupakan program insentif yang dikompetisikan yang diberikan setiap tahun kepada Perguruan Tinggi (PT) yang memenuhi kriteria tertentu dengan penilaian dari tim seleksi. Kriteria itu diantaranya telah bekerjasama dengan BSN dan perpustakaannnya telah menjadi anggota jejaring informasi standardisasi BSN.  Adapun, yang lolos penilaian, tim seleksi akan melihat seleksi administratif, maupun kunjungan lapangan. Selain itu, lembaga/perusahaan juga harus mengajukan proposal.

 

Prof. Bambang dalam kata sambutan pembukaan PPIS 2014 menyampaikan bahwa akademisi dan  peneliti memiliki peran yang strategis dalam proses standardisasi. Kebutuhan Informasi standardisasi di lingkungan perguruan tinggi perlu dipenuhi dengan baik  agar mampu  bersinergi dalam mendukung dunia usaha  maupun pemerintah. Oleh karenanya, penyelenggaraan  SNI Corner diharapkan mampu memfasilitisasi kebutuhan informasi standardisasi di lingkungan perguruan tinggi.

 

Menurut Prof. Bambang, idealnya SNI Corner ada di setiap perguruan tinggi. Namun karena keterbatasan anggaran, SNI Corner baru dapat diselenggarakan di beberapa perguruan tinggi.  Kepala BSN optimis, di tahun-tahun mendatang  akan tersedia anggaran yang lebih memadai sehingga lebih banyak lagi jumlah SNI Corner yang dapat diselenggarakan di perguruan tinggi. “Bila RUU standardisasi (yang di dalamnya memuat pasal tentang sistem informasi standardisasi) telah disahkan, maka akan dapat menjadi landasan bagi pengembangan SNI Corner,”demikian harapan Kepala BSN.


Sementara itu, Prof. Darminto dalam kata sambutannya juga menyampaikan rasa kegembiraannya atas kepercayaan dan penetapan  Perpustakaan ITS sebagai Penerima SNI Corner 2014 yang melalui proses seleksi berdasarkan kriteria yang ditetapkan BSN. Prof. Darminto menyatakan bahwa keberadaan SNI Corner di Perpustakaan ITS akan banyak bermanfaat dalam mendukung proses belajar mengajar bagi civitas academica ITS dan diharapkan dapat juga dimanfaatkan oleh  masyarakat di sekitar ITS.

 

Untuk diketahui, selama ini SNI yang telah ditetapkan BSN biasanya hanya tersimpan di server web BSN dan dapat diakses oleh publik sekaligus dapat diunduh stakeholder secara gratis selama satu tahun. Dan setelah satu tahun SNI tersebut hanya dapat diperoleh dengan cara meminta melalui Pusat Informasi dan Dokumentasi Standardisasi BSN.

 

 

Berkaitan dengan hal tersebut, BSN mencari alternatif lain melalui SNI Corner. Diharapkan dengan hadirnya SNI Corner dapat menjadi outlet informasi standardisasi dan menjadi one stop services untuk informasi standardisasi serta dapat lebih mudah mendapatkan informasi standardisasi khususnya SNI.