Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Kemudahan Peneliti Dalam Mengakses Open Journal System (OJS)/E-Journal Ilmiah Standardisasi

  • Jumat, 25 Juli 2014
  • 3122 kali

Guna meningkatkan reputasi jurnal ilmiah standardisasi sebagai Jurnal Ilmiah Internasional Terindeks, Juliantino, Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Standardisasi – BSN, bersama-sama Editor Pengelola Jurnal Ilmiah Standardisasi melaksanakan forum sosialisasi pada tanggal 4 Juli 2014, kepada  mitra bestari dan tim penilaian/reviewer, dengan menggunakan sistem pengelolaan secara online (E-Journal) dengan sistem aplikasi Open Journal System (OJS) yang dapat diakses melalui website BSN (www.bsn.go.id) atau http://ojs.bsn.go.id.

Dengan dilaksanakannya Sosialisasi, diharapkan dapat mempermudah para peneliti di bidang standardisasi untuk berperan aktif memanfaatkan fasilitas tersebut dalam rangka meningkatkan pengetahuan, pemahaman dan teknis penguasaan mengakses Jurnal Ilmiah Standardisasi. Selain itu, dengan diberlakukannya OJS/E-Jurnal Ilmiah Standardisasi diharapkan akan meningkatkan kinerja dan reputasi Jurnal Ilmiah Standardisasi menjadi Jurnal Ilmiah Internasional Terindeks dan menjadi salah satu publikasi ilmiah bertaraf internasional (siapapun di seluruh dunia dapat mengirimkan karya ilmiah bidang standardisasi untuk dipublikasikan melalui Jurnal Ilmiah Standardisasi di Indonesia). Peran aktif peneliti standardisasi sangatlah diperlukan, mengingat keterkaitan antara perdagangan bebas dengan standardisasi terutama dalam hal pengembangan standar dan penerapannya sangat erat.

Karenanya, Jurnal Ilmiah Standardisasi merupakan majalah ilmiah yang mempublikasikan hasil penelitian dan pengembangan di bidang standardisasi. Jurnal Ilmiah Standardisasi terbuka untuk umum dan diterbitkan oleh Puslitbang Standardisasi - Badan Standardisasi Nasional (BSN). Jurnal ilmiah ini terbit tiga kali dalam setahun, yaitu pada bulan Maret, Juli, dan November. Jurnal Ilmiah Standardisasi telah diakreditasi oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia sejak tahun 2006 sebagai Majalah Ilmiah dengan nomor akreditasi 476/AU2/P2MI-LIPI/08/2012. Ruang lingkup topik makalah yang dipublikasikan di Jurnal Ilmiah Standardisasi berkaitan dengan kegiatan standardisasi, mutu, penilaian kesesuaian, dan metrologi. Untuk itu, Jurnal Ilmiah Standardisasi mengundang para praktisi, peneliti dan akademisi yang berkecimpung dan menaruh minat serta perhatian pada pengembangan kegiatan standardisasi untuk menyampaikan Karya Tulis Ilmiah dengan ruang lingkup makalah ilmiah hasil penelitian bidang standardisasi mencakup kebijakan standardisasi nasional, pengembangan standar, harmonisasi standar, penerapan standar (akreditasi, sertifikasi, pengujian, metrologi, inspeksi teknis, pengawasan pra dan pasca pasar, dampak sosial ekonomi, dll), pemasyarakatan standar, regulasi teknis, dan aspek yang terkait dengan standardisasi lainnya.

Juliantino berharap, para peneliti yang akan menyampaikan karyanya perlu memperhatikan Pedoman Penulisan Jurnal ilmiah Standardisasi sehingga makalah ilmiah yang dituliskannya dalam versi bahasa Indonesia atau bahasa Inggris dapat dipublikasikan pada bulan November 2015. Namun sangat disarankan, dalam rangka mencapai tujuan menjadi Jurnal Ilmiah Terindeks Internasional, makalah yang akan dikirimkan kepada Editor dalam versi bahasa Inggris akan lebih diprioritaskan untuk selanjutnya diproses sesuai dengan SOP Manajemen Pengelolaan Jurnal Ilmiah Standardisasi dan diterbitkan pada edisi Volume 16 Nomor 3, November 2014.

Pendaftaran pemakalah dapat dilakukan melalui portal www.bsn.go.id atau http://ojs.bsn.go.id untuk memudahkan para peneliti berperan aktif dalam Jurnal Ilmiah Standardisasi tanpa dibatasi waktu dan dapat menyesuaikan dengan waktu penerbitan yang ada. Kesempatan ini, selain terbuka luas untuk semua peneliti standardisasi di mana saja, baik dalam maupun luar negeri, tidak menutup kemungkinan untuk melibatkan peran mitra bestari dari mancanegara untuk terdaftar sebagai mitra bestari Jurnal Ilmiah Standardisasi melalui  pendaftaran online OJS/E-Journal.

 

Link:

1.   Pedoman Penulisan Jurnal Standardisasi

2.   Leaflet Jurnal Standardisasi