Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

BENCHMARK PENGELOLA JURNAL ILMIAH STANDARDISASI KE JURNAL KERAMIK & GELAS INDONESIA DAN JURNAL UNIVERSITAS PADJAJARAN

  • Jumat, 05 September 2014
  • 1745 kali

Dalam rangka menuju jurnal ilmiah internasional yang terindeks di Scopus dan Thomson Reuters, Sekretariat Pengelola Jurnal Ilmiah Standardisasi yang diwakili oleh Ir. Bendjamin Benny  Louhenapessy, M.H. selaku Kepala Bidang Evaluasi dan Kerjasama Penelitian merangkap Koordinator Editor dan Danar Agus Susanto, S.T selaku editor, melakukan Benchmark ke pengelola Jurnal Ilmiah Universitas Padjajaran dan Sekretariat Pengelola Jurnal Keramik dan Gelas Indonesia, Balai Besar Keramik, Kementerian Perindustrian - Bandung. Kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian benchmark yang telah direncanakan untuk meningkatkan mutu dan pengelolaan Jurnal Ilmiah Standardisasi agar dapat menjadi jurnal ilmiah internasional terindeks.

 

Kunjungan dilaksanakan pada tanggal 2 – 3 September 2014, diawali dengan kunjungan ke Sekretariat Pengelola Jurnal Keramik dan Gelas Indonesia dan diakhiri dengan kunjungan ke Pengelola Jurnal Universitas Padjajaran. Hari pertama, tim bertemu dengan Dra. Sri Cicih Kurniasih, M.Si, Kepala Bidang Sarana Riset dan Standardisasi yang merupakan Penanggugngjawab Pengelolaan Jurnal Keramik dan Gelas Indonesia.

 

Hari ke-2, kunjungan dilakukan ke Sekreteraiat Pengelola Jurnal Ilmiah Universitas Padjajaran di Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM), Universitas Padjadjaran di Jatinangor, Sumedang - Jawa Barat. Pada kunjungan ini, tim diterima oleh Sekretaris LPPM Ir. Sondi Kuswaryan, MS, yang menjelaskan tentang mekanisme pengelolaan jurnal secara online dan peningkatan menuju jurnal terindeks internasional.

 

Selain itu, tim juga bertemu dengan Sekretariat pengelolaan Jurnal Majalah Kedokteran Bandung (MKB) dari Fakultas Kedokteran dan International Journal of Clinical Pharmacy dari Fakultas Farmasi yang hadir menjumpai tim dalam pertemuan kunjungan tersebut. Sebagai hasil dari studi banding tersebut disimpulkan bahwa Jurnal Ilmiah Standardisasi telah memiliki kemampuan yang cukup maju dengan sedang berproses menjadi E-Jurnal. Saat ini Jurnal Ilmiah Standardisasi telah menyelasaikan program Open Jurnal Online (OJS) sebagai langkah awal untuk menuju E-jurnal ilmiah dan sekaligus mempersiapkan infrastruktur untuk meningkatkan kualitas menjadi Jurnal Ilmiah Terindeks di Scopus dan Thomson, yang direncanakan pada Tahun Anggaran 2015. Hal yang dapat dibanggakan bahwa baik Jurnal Ilmiah Standardisasi, Jurnal Ilmiah Universitas Padjajaran Bandung dan Jurnal Ilmiah Balai Besar Keramik - Bandung, ketiganya sudah diakreditasi oleh LIPI dan DIKTI Kemendikbiud (BBL; DAS, NA).