Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

BSN dan KAN selenggarakan Workshop ISO 50001 for Accreditation Body Assesors

  • Selasa, 16 September 2014
  • 1367 kali

Bertempat di Hotel Mercure – Alam Sutera, Tangerang. Badan Standardisasi Nasional (BSN) dan Komite Akreditasi Nasional (KAN) bekerjasama dengan Asia Pacific Economic Cooperation (APEC) dan Pacific Accreditation Cooperation (PAC) menyelenggarakan “Workshop ISO 50001 for Accreditation Body Assesors”. Workshop diselenggarakan selama 4 hari (16 – 19 September 2014), dengan tujuan untuk meningkatkan kapasitas badan akreditasi negara anggota APEC untuk berperan dalam dalam Pacific Accreditation Cooperation (PAC) Multilateral Recognition Arrangement (MLA) untuk Sistem Manajemen Energi (SME) yang sedang digagas.

 

Workshop ini merupakan bagian dari rangkaian 4 workhop yang di gagas APEC dan PAC untuk meningkatkan kapasitas pemahaman ISO 50001 semua pihak yang terlibat baik organisasi, lembaga sertifikasi, dan badan akreditasi di negara anggota APEC yang selanjutnya diharapkan dapat membantu dalam efisiensi energi. Rangkaian workshop lainnya diadakan di Bangkok untuk internal auditor ISO 50001, China untuk manajemen dan auditor lembaga sertifikasi serta Vietnam untuk PAC peer evaluator.

 

 

Acara dibuka oleh Ketua KAN yang juga Kepala BSN, Prof. Bambang Prasetya. Dalam kesempatan tersebut, Bambang mengharapkan agar workshop ini dapat meningkatkan profesionalisme asesor badan akreditasi yang ada di kawasan asia pasifik. Selain itu Bambang juga mengatakan bahwa dengan dilaksanakannya workshop ini dapat menambah jumlah penandatangan MLA PAC untuk bidang Lembaga Sertifikasi Sistem Manajemen. Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Direktur Akreditasi Lembaga Sertifikasi KAN, Konny Sagala. Workshop dihadiri peserta sebanyak 40 orang yang terdiri dari 14 negara anggota APEC, mencakup Indonesia, Malaysia, Peru, Taiwan, Papua New Guinea, Philipina, Singapura, Thailand, Vietnam, Mexico, Bangladesh, Srilanka, India dan Nepal

 

 

Workshop menghadirkan expert yang kompeten di bidang akreditasi sistem manajemen energi yaitu Ms. Chikako Makino (JAB-Japan Accreditation Body). Workshop ini akan membahas dengan detil persyaratan yang terkandung dalam ISO 50001 – energy management systems – requirements with guidance for use, serta ISO 50003 yang memberikan persyaratan bagaimana lembaga sertifikasi mengatur program sertifikasinya, termasuk persyaratan SDM yang terlibat dalam program sertifikasi Sistem Manajemen Energi.

 

Untuk efektifitas pelaksanaan workshop ini, peserta akan dibagi dalam beberapa kelompok diskusi dan akan melakukan simulasi audit sistem manajemen energi terhadap perusahaan yang telah menerapkan sistem manajemen energi ISO 50001 PT. Asia Pulp and Paper, Tangerang. (zul/awg)