Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

BSN Sosialisasikan JabFung Analis Kebijakan

  • Jumat, 10 Oktober 2014
  • 1073 kali

Badan Standardisasi Nasional (BSN) mensosialisasikan Jabatan Fungsional (JabFung) Analisis Kebijakan ke pegawai BSN, di Jakarta (10/10/2014). Kegiatan ini dilaksanakan sebagai bagian dari program pengembangan karir Sumber Daya Manusia (SDM) di lingkungan BSN. Sosialisasi diikuti oleh 40 pegawai BSN dan dihadiri Sekretaris Utama BSN Puji Winarni.

 

Pada kesempatan tersebut, Kepala Pusat Pembinaan Analisis Kebijakan Lembaga Administrasi Negara, Dr. Anwar Sanusi MPA. menjadi narasumber dengan materi tentang Jabatan Fungsional Analis Kebijakan dan Angka Kreditnya sesuai dengan Permenpan & RB No. 45/2013.

 

Pada kesempatan tersebut, Anwar menyampaikan kondisi kebijakan pemerintah saat ini yang melatarbelakangi pentingnya jabatan fungsional ini. Anwar berpendapat, kondisi saat ini banyak terjadi ketidakkonsistenan/overlapping antara kebijakan yang satu dengan yang lain. Proses kebijakan juga tidak dilakukan secara baik (dari segi agenda setting sampai kodifikasi). Masih terjadi pembatalan kebijakan baik pada tingkat nasional maupun daerah, kontroversi kebijakan, serta frekuensi munculnya kebijakan sangat tinggi. Dengan adanya jabatan fungsional analis kebijakan, diharapkan akan dapat dihasilkan hasil-hasil kajian/penelitian yang mampu memecahkan permasalahan dalam situasi tersebut.

 

Puji Winarni mengatakan, acara ini sangat relevan dengan keberadaan BSN sebagai salah satu lembaga “penghasil” kebijakan. Puji berharap pegawai BSN akan mendapatkan gambaran yang detil mengenai jabatan analis kebijakan, sehingga dapat menentukan arah karir di lingkungan BSN. Acara ini  difasilitasi oleh Bagian Organisasi dan Kepegawaian BSN. (dnw. foto:ndre)