Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

KBB Bakal Punya RPH Berstandar SNI

  • Senin, 20 Oktober 2014
  • 1485 kali

Kliping Berita

Oleh: Fuad Hisyamudin

Bandung raya - Minggu, 19 Oktober 2014 | 18:20 WIB

INILAHCOM, Bandung - Dalam waktu dekat, Pemkab Bandung Barat akan segera memiliki Rumah Potong Hewan (RPH) berstandar nasional Indonesia (SNI).

RPH yang luasnya sekitar 1 hektare tersebut rencananaya akan dibangun di Desa Jaya Mekar Kecamatan Padalarang.

Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan KBB, Adiyoto mengatakan, penyediaan RPH tersebut sebagai bentuk kewajiban pemerintah dalam menjamin ternak daging yang sehat dan halal. Dengan hadirnya RPH berstandar SNI, diharapkan bisa mencegah penyebaran daging oplosan yang bisa meresahkan semua pihak.

"Ada dua macam pemotongan yang kami sediakan, yakni dengan cara manual dan menggunkan listrik. Direncanakan akan tuntas pembangunannya akhir tahun ini," ujar Adiyoto, Minggu (19/10/2014).

Setelah selesai pembangunan RPH ini, masyarakat dan pengusaha diharuskan memotong hewan di RPH milik pemerintah tersebut.

"Nanti semuanya harus motong di sini. Selain berstandar SNI, juga milik pemerintah yang hasilnya untuk kesejahteraan rakyat. Apalagi RPH yang kita bangun ini memberikan fasilitas ternak yang terjamin halal, aman, utuh dan sehat," ujarnya.

Saat ini, kata dia, pihaknya sedang berkonsentrasi menyelesaikan instalasi pengolahan air limbah (IPAL). Permasalahan limbah ini, menjadi hal utama yang harus diperhatikan. Sehingga setelah rampung, RPH tidak menimbulkan dampak negatif di masyarakat.

Dia menjelaskan, sebenarnya Pemkab sudah memiliki RPH seluas 2.000 m2 di Cipeundeuy. Namun karena lokasinya dianggap tidak layak, pemerintah memutuskan membangun RPH baru di tempat lain dengan kondisi tanah yang lebih luas.

Selain RPH pemerintah, kata Adiyoto, di wilayah KBB juga sudah berdiri 12 RPH milik swasta. Sebut saja RPH di Cikalong Wetan, Lembang, Cisarua, Cililin, Batujajar, dan Padalarang. RPH-RPH itu melayani pemotongan hewan per hari mencapai 40-50 ekor sapi untuk distribusikan di KBB. [hus]

Sumber : inilahkoran.com, Minggu 19 Oktober 2014.
Link : http://www.inilahkoran.com/read/detail/2146141/kbb-bakal-punya-rph-berstandar-sni




­