Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

IAF-ILAC Joint Annual Meeting 2014

  • Jumat, 24 Oktober 2014
  • 1136 kali

Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, International Accreditation Forum – IAF dan International Laboratory Accreditation Cooperation – ILAC kembali menyelenggarakan pertemuan tahunan badan akreditasi untuk tahun 2014, “ IAF-ILAC Joint Annual Meeting”, 7-18 Oktober 2014, di Vancouver, Canada, yang sebelumnya direncanakan akan dilaksanakan di Bangkok, Thailand, namun karena kondisi politik pada saat itu, sehingga lokasi pelaksanannya dirubah.

 

Dalam struktur IAF sendiri terdapat technical committee (TC) yang bertanggungjawab membahas dan mengembangkan hal-hal teknis yang diperlukan dalam penilaian kesesuaian. TC tersebut didukung oleh task force yang dibentuk untuk membahas dan mengembangkan dokumen spesifik. Pada tahun 2014,  TC IAF kembali mengadakan pertemuan task force untuk membahas permasalahan yang baru muncul, yang salah satunya adalah task force penentuan hari asesmen bagi badan akreditasi. Pembentukan task force ini sendiri sejalan dengan usulan Komite Akreditasi Nasional-KAN sehingga KAN bersama-sama dengan badan akreditasi Amerika, ANAB ditugaskan menjadi Co-Convenor dalam menyusun suatu panduan yang sama bagi semua badan akreditasi anggota IAF dalam menentukan hari asesmen, sehingga pelaksanaan asesmen dari badan akreditasi dapat dilakukan dengan optimal sesuai dengan tujuan pelaksanaan asesmen.

 

Beberapa hal penting yang juga dibahas dalam pertemuan tersebut adalah mengenai pengembangan aturan tambahan untuk penilaian kesesuaian terkait penyaksian (witnessing) sertifikasi sistem manajemen, multisite tanpa sampling, produk, personel, PEFC, serta pelaksanaan akreditasi lainnya.

 

Dalam pertemuan kali ini, Ketua KAN, Prof. Dr. Bambang Prasetya, memimpin tim BSN dalam joint annual meeting ILAC-IAF dan General Assembly Meeting. Terkait pertemuan IAF, Konny Sagala, Direktur Akreditasi Lembaga Sertifikasi menghadiri pertemuan terkait menghadiri pertemuan IAF Technical Committtee, IAF MLA Committee, IAF General Assembly, dan Joint General Assembly IAF-ILAC.  Sedangkan terkait pertemuan ILAC, Dede Erawan, Direktur Akreditasi Laboratorium dan Lembaga Ispeksi  menghadiri pertemuan Inspection Committee, ILAC laboratory committee, ILAC General Assesmbly dan Joint General Assembly IAF-ILAC. Selain itu dalam rangkaian sidang tersebut ada pertemuan Task Force dan Working Group yang dihadiri oleh Sdr. Febriyanto Nugroho, Asisten Manajer Akreditasi Lembaga Sertifikasi Produk dan personel, Pusat Akreditasi Lembaga Sertifikasi terkait dengan WG Produk, WG Personel, WG Forest.  dan sebagai co-convenor dalam Task Force untuk penentuan hari asesmen yang nantinya akan digunakan sebagai panduan yang sama bagi semua badan akreditasi anggota IAF dalam menentukan hari asesmen.

 

Berdasarkan hasil-hasil keseluruhan pertemuan gabungan ILAC dan IAF ini, KAN perlu melakukan tindak lanjut sebagai berikut:

 

Forum IAF dan ILAC berperan efektif dalam memfasilitasi perdagangan  terkait dengan saling pengakuan baik melalui MRA dan MLA. Adanya saling pegakuan antar negara terhadap produk (barang dan Jasa) maka kegiatan ini mempunyai peran strategis dalam meningkatkan efisiensi perdagangan khususnya untuk mendukung kegiatan ekspor  dan kerjasama bilateral maupun multilateral lainnya terkait dengan saling pengakuan dalam bidang standardisasi dan peniliaian kesesuian. Kegiatan ini sejalan dengan amanah UU 20 tahun 2014 tentang Standardisasi dan Penilaian Kesesuaian.

 

 

Secara umum, melanjutkan peran serta aktif dalam program / kegiatan akreditasi internasional  untuk memberikan kontribusi dan memelihara serta meningkatkan pengakuan KAN dalam skema ILAC MRA maupun IAF MLA sehingga pengakuan terhadap produk dari Indonesia dapat ditingkatkan.

 

Secara khusus, mencermati tiap informasi serta kesepakatan baru yang dicapai, dan melakukan penyesuaian-penyesuaian yang tepat pada program / kegiatan KAN, baik yang sedang berjalan maupun yang akan datang. Hal ini termasuk antara lain ketentuan tentang iuran keanggotaan, pencabutan dan pemberlakuan dokumen, dan perluasan MRA/MLA yang mencakup akreditasi PTP, FSMS dan GHG.

 

Selanjutnya direncanakan untuk tahun 2015, sidang IAF – ILAC Joint Annual Meeting akan diselenggarakan di Milan, Italia dan untuk tahun 2016 di India.

(FN/KS/DE/BP)