Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

UNPAD Minat ajarkan Standardisasi di Fakultas Teknologi Industri Pertanian

  • Jumat, 31 Oktober 2014
  • 1268 kali

Hal tersebut sebagaimana diungkapkan dalam diskusi antara Tim BSN dan UNPAD di Jatinangor, 28 OKtober 2014 kemarin setelah sebelumnya melakukan pertemuan dengan Prof. Dr. Dradjad Irianto di ITB. Tim BSN dipimpin oleh Kepala Bidang Diklat Standardisasi didampingi oleh Kristiati Andriani (Kepala Subbid. Sistem dan Evaluasi Diklat Standardisasi), Haryanto (Analis Data dan Kerjasama Diklat Standardisasi) dan Heri Kurniawan (Perancang Bahan Diklat Standardisasi).


Dari pihak UNPAD diwakili oleh Prof. Kusmayadi Suradi (sekretaris wakil Rektor UNPAD bidang Litbang, Pengabdian Masyarakat dan Kerjasama), Prof. Dr. Sunardhi Widyaputra (Koordinator Pusat Jaminan Mutu), Dr. Edy Suryadi, Wakil Dekan Fakultas Teknologi Industri Pertanian, Dr. Reiza D. Dienaputra (Koordinator pusat Pengembangan Pembelajaran), Kasno Pamungkas (sekretaris UPT Kerjasama UNPAD), dan Herlina Marta (Sekretaris Jurusan TIP).


"FTIP sudah menerapkan ISO 9001, Laboratoriumnya pun sudah menerapkan ISO/IEC 17025. Jadi Standardisasi dapat jika diajarkan di FTIP." jelas Dr. Edy Suryadi. "Diharapkan dengan pengajaran standardisasi dapat menjadi nilai tambah bagi mahasiswa atau sarjana UNPAD, yaitu kompetensi di bidang standar." tambah Prof. Kusmayadi.


Selain melalui mata kuliah, UNPAD berminat untuk membekali mahasiswa dengan pelatihan spesifik untuk kompetensi standardisasi. "Pelatihan praktis ini sangat diperlukan bagi mahasiswa baik yang akan menempuh jalur professional maupun entrepreneur. Sertifikat kompetensi sebagai bekal dan bukti formal." Jelas Dr. Reiza D. Dienaputra.


Dari pertemuan ini disepakati akan disusun roadmap implementasi pendidikan dan pelatihan standardisasi di UNPAD yang akan dikoordinasikan oleh Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu (LP3M) UNPAD. (Har)