Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Bedah buku Standardisasi dalam Industri dan Perdagangan

  • Senin, 17 November 2014
  • 2286 kali

Dalam rangka Bulan Mutu Nasional dan Indonesia Quality Expo 2014, Perpustakaan BSN  menggelar  acara Diskusi/Bedah Buku Standardisasii berjudul Standardisasi dalam Industri dan Perdagangan: Konsep dan Penerapan dalam Globalisasi  buah karya Dr. Sunarya.  Acara yang diselenggarakan di Balai Sidang Jakarta Convention Center, Kamis, 13 November 2014 ini diikuti sekitar 60 orang peserta yang mewakili  kalangan Industri, Akademisi (Mahasiswa dan Dosen), Instansi Pemerintah, dan Pustakawan . Kepala Bidang Dokumentasi dan Perpustakaan BSN, Ibu Erni Sumarni, dalam laporannya menyampaikan bahwa bedah buku ini diselenggarakan  untuk  mempromosikan isi buku yang memuat gagasan dan informasi di bidang standardisasi serta untuk mengembangkan wawasan dan pemahaman mengenai  aspek-aspek terkait di bidang standardisasi ; bedah buku ini diharapkan bermanfaat untuk memelihara intelektualitas serta sikap kritis terhadap perkembangan di bidang standardisasi.  

Acara Bedah buku diawali dengan sambutan pengantar diskusi oleh Deputi Bidang Informasi dan  Pemasyarakatan BSN, Ibu Dewi Odjar Ratna Komala. Ibu Dewi menyambut positif terbitnya buku ini mengingat literatur mengenai standardisasi di Indonesia masih sangat sedikit. Ibu Dewi juga menyampaikan pentingnya peran standar dalam produk global serta dalam memfasilitasi perdagangan di dunia, terlebih Indonesia akan menghadapi ASEAN Economic Community di tahun 2015.



Untuk membedah  buku tersebut, perpustakaan BSN menghadirkan 3 narasumber, yaitu  Dr.Sunarya, Ph.D selaku penulis buku serta dua nara sumber pembedah buku  yaitu  Ir. Tony T.H. Sinambela, MSE (Kepala Pusat Standardisasi Kemenperin), dan  Ir. Aditya Nugraha, MBA (Direktur AIMS Consultants). Diskusi yang dimoderatori  Ir. Abdurahman Saleh, MSc (Kepala Pusido BSN) itu berlangsung dengan hangat dan bergairah



Dalam pemaparannya Dr Sunarnya menceritakan bahwa penulisan buku ini bertolak dari keinginan untuk membuat literatur standardisasi yang mudah dimengerti dan dapat menjangkau berbagai kalangan pembaca ; buku tersebut disusun sesederhana mungkin agar semua orang dapat dengan mudah mengerti, namun tetap komprehensif membahas standardisasi.  Buku ini membahas semua aspek yang terkait dengan bidang standardisasi termasuk perumusan dan penerapan standar, pembuatan & penerapan regulasi, penilaian kesesuaian , dan pengakuan terhadap standar.  Dalam buku ini Dr Sunarya membagi  tingkat pemahaman terhadap standardisasi dalam 3 level pemahaman, yaitu:  mengetahui standar & persyaratan yang ada di dalamnya (level 1),  mengetahui dan menerapkan standar tersebut (level 2) , dan  menguasai pengetahuan akan standardisasi, mulai dari perumusan, penerapan serta regulasi  (level 3).

Ir. Tony Sinambela selaku pembedah memberikan masukan terhadap buku ini terkait beberapa hal, diantaranya  dalam penerapan standar, perlu diberikan contoh penerapan standar di industri, sehingga dapat memberikan gambaran pada tahapan proses produksi mana yang membutuhkan standar. Terkait Penilaian Kesesuaian,  tabel  tipe sertifikasi harus menyesuaikan dengan update terbaru yang ada dalam ISO guide terbaru. Sementara dari sudut  pandang  seorang pembaca,  Aditya Nugraha memberikan poin-poin penting apa saja yang diperoleh dari buku ini. Beliau menyebutkan bahwa standar adalah spesifikasi yang multi aspek, namun tidak semua aspek perlu di standardisasi, agar peluang inovasi tetap tersedia. Buku ini tidak memperlihatkan praktik standardisasi yang kurang tepat di Indonesia, semua pihak diberi cermin agar bisa menilai praktik yang dilakukannya. (Pat)