Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Puslitbang Standardisasi BSN Luncurkan Sistem Pengelolaan E-Journal

  • Kamis, 20 November 2014
  • 1068 kali

Guna meningkatkan reputasi jurnal ilmiah standardisasi sebagai Jurnal Ilmiah Internasional Terindeks, Puslitbang Standardisasi Badan Standardisasi Nasional (BSN) meluncurkan acara launching sistem e-journal dalam rangkaian acara Bulan Mutu Nasional/ Indonesia Quality Expo pada tanggal 12 November 2014 bertempat di Jakarta Convention Center (JCC).

E-journal merupakan sistem pengelolaan jurnal ilmiah yang dapat diakses melalui dokumen elektronik dalam wujud komputerisasi. E-journal memiliki kandungan informasi yang terbaru, current dan mutakhir, artinya isi e-journal selalu terbarukan (up to date) serta informasinya dapat dipercaya karena memiliki identitas dokumen atau data bibliografis yang lengkap seperti: nama pengarang, jenis jurnal, jurnal fulltext dan abstrak serta alamat e-mail pengarang tercantum di dalam database sehingga memudahkan komunikasi antar pembaca jurnal dengan pengarang jurnal tersebut. Jurnal elektronik memiliki beberapa kelebihan dibandingkan denga jurnal cetak, diantaranya dari segi kemutakhiran  informasi/data hasil penelitian bidang standardisasi, kecepatan penerimaan dan distribusi soft copy, jauh lebih menguntungkan dan efisien. 

 


 
Jurnal elektronik lebih cepat diketahui sebelum jurnal cetak diterbitkan. Karena kemudahan akses internet dan ketersediaan perangkat teknologi informasi, kini lebih mudah membaca jurnal dalam format elektronik karena bisa diakses dimanapun dengan koneksi internet sehingga mudah mendapatkannya. Sedangkan Jurnal berbentuk paperbase, membutuhkan waktu lama dalam pencetakan, publikasi, maupun distribusi. Berdasarkan kelebihan-kelebihan sistem e-journal, saat ini sudah banyak pengelolaan jurnal yang mulai meninggalkan sistem manual (paperbase) dan beralih dengan menggunakan sistem e-journal.

Jurnal standardisasi merupakan majalah ilmiah yang mempublikasikan hasil penelitian di bidang standardisasi. Jurnal Standardisasi terbuka untuk umum, diterbitkan oleh Pusat penelitian dan pengembangan Standardisasi - Badan Standardisasi Nasional (BSN). Terbit tiga kali dalam setahun pada bulan Maret, Juli, dan November. Jurnal Standardisasi telah diakreditasi sebagai majalah ilmiah dengan nomor akreditasi 476/AU2/P2MI-LIPI/08/2012. Topik makalah berkaitan dengan kegiatan standardisasi, penilaian kesesuaian, dan metrologi.

Dalam rangka meningkatkan reputasi jurnal ilmiah nasional menjadi jurnal internasional terindeks, saat ini pengelolaan Jurnal Standardisasi menerapkan pengelolaan jurnal melalui sistem E-Journal dengan menggunakan sistem OJS (Open Journal System) yang dapat diakses di http://ojs.bsn.go.id. Pendaftaran pengguna, pemakalah dan Tim Penilai (reviewer) dapat dilakukan dengan mendaftar melalui portal http://ojs.bsn.go.id. Tujuan akhir dalam penerapan sistem ini adalah menjadikan Jurnal Ilmiah Standardisasi menjadi jurnal ilmiah internasional terindeks di Scopus dan Thomson Reuters (Sumber: DAS, BL)