Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

PUSLITBANG STANDARDISASI BSN DAN UNIVERSITAS SAM RATULANGI AKAN MENYELENGGARAKAN PERTEMUAN DAN PRESENTASI ILMIAH STANDARDISASI (PPIS) TAHUN 2015

  • Selasa, 03 Maret 2015
  • 1266 kali

Dalam rangka mewadahi para peneliti dan pemerhati di bidang standardisasi untuk menghasilkan penelitian di bidang standardisasi, maka diperlukan wadah komunikasi ilmiah. Salah satu wadah komunikasi yang dimiliki oleh Puslitbang BSN adalah Pertemuan dan Presentasi Ilmiah Standardisasi (PPIS). Penyelenggaraan PPIS dilaksanakan dua kali dalam setahun yaitu di daerah dan di DKI Jakarta. Pada tahun 2015, Pertemuan dan Presentasi Ilmiah Standardisasi akan diselenggarakan  atas kerjasama dengan Universitas Sam Ratulangi (UNSRAT) di Manado,  dengan tema “Penelitian dan Pengembangan SNI Produk Unggulan Yang Berdaya Saing Memperkuat Posisi Indonesia Menghadapi MEA.“  Penyelenggaraan PPIS akan dilaksanakan pada tanggal 4 Juni 2015 didasarkan atas Nota Kesepahaman (MoU) yang telah ditandatangani antara BSN dengan Universitas Sam Ratulangi, pada tanggal 3 November 2010. Dalam rangka koordinasi persiapan pelaksanaan PPIS di Manado, Puslitbang BSN melakukan kunjungan ke Universitas Sam Ratulangi pada tanggal 25 sampai dengan 27 Februari 2015.  Pertemuan dan diskusi antara Ir. Bendjamin B. Louhenapessy M.H, Kepala Bidang Evaluasi dan Kerjasama Penelitian, selaku perwakilan Puslitbang Standardisasi BSN, didampingi oleh Ary Budi Mulyono, S.T, Peneliti Bidang Standardisasi, dengan  Prof. Dr. Ir. Sangkertadi, DEA, Wakil Rektor IV bidang Perencanaan, Penganggaran, dan Kerja Sama UNSRAT, bertempat di Ruang Rapat Wakil Rektor IV, Gedung Rektorat UNSRAT.  

Dalam pertemuan ini dibahas terkait maksud dan tujuan pelaksanaan PPI Standardisasi serta persiapan  teknis yang meliputi tema pelaksanaan PPIS, tempat dan waktu pelaksanaan, pembicara utama beserta topik yang akan dipresentasikan, agenda acara, pembiayaan, dan undangan peserta serta pembagian tugas antara pihak BSN dan pihak UNSRAT. Pihak UNSRAT yang diwakili oleh Prof. Dr. Ir. Sangkertadi, DEA, menyatakan menyambut baik rancangan pelaksanaan Pertemuan dan Presentasi Ilmiah Standardisasi (PPIS) yang akan dilaksanakan di Manado.

Selanjutnya pihak UNSRAT akan bersama-sama mensukseskan pelaksanaan acara tersebut. Diharapkan, adanya PPIS yang diselenggarakan di Manado dapat menjadi sarana komunikasi ilmiah bidang standardisasi bagi para peneliti di wilayah Sulawesi Utara pada khususnya dan Indonesia pada  umumnya untuk menyebarluaskan hasil-hasil penelitian bidang standardisasi yang bermanfaat dalam pengembangan standardisasi kedepannya. Acara  PPIS di UNSRAT, dirancang akan dibuka oleh Prof.Dr.Ir. Bambang Prasetya, M.Sc. (Kepala BSN) dan Prof. Dr. Ir. Ellen Joan Kumaat, M.Sc. (Rektor UNSRAT) serta menghadirkan  Deputi Bidang Penelitian dan Kerjasama Standardisasi BSN sebagai keynote speech, Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat(LPPM) UNSRAT, dan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Propinsi Sulawesi Utara sebagai narasumber pembicara utama dalam forum ilmiah tersebut (BBL, ABM).




­