Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

RENCANA KERJASAMA PENELITIAN BIDANG STANDARDISASI ANTARA PUSLITBANG STANDARDISASI BSN DENGAN UNIVERSITAS SAM RATULANGI

  • Selasa, 03 Maret 2015
  • 1569 kali

Di sela-sela kunjungan dalam rangka persiapan pelaksanaan Pertemuan dan Presentasi Ilmiah Standardisasi, yang dilaksanakan Puslitbang BSN tanggal 25 - 27 Februari 2015, di Universitas Sam Ratulangi (UNSRAT), dilakukan pula penjajakan kerjasama penelitian dan pengembangan  standardisasi. Badan Standardisasi Nasional (BSN) sebagai Lembaga Pemerintah Non Kementerian (LPNK) yang memiliki tugas pokok mengembangkan dan membina kegiatan standardisasi nasional di Indonesia perlu melakukan kerjasama  penelitian dengan Perguruan Tinggi di Indonesia dan  instansi teknis terkait sebagai mitra kerjasama dalam rangka pengembangan standardisasi nasional. Rencana kerjasama penelitian antara Puslitbang Standardisasi BSN dengan UNSRAT merupakan tindaklanjut dari MoU antara BSN dengan UNSRAT, yang telah ditandatangan pada tanggal 3 November 2010.

Pembahasan program kerjasama penelitian dilaksanakan antara Ir. Bendjamin Benny Louhenapessy, M.H. (Kepala Bidang Evaluasi dan Kerjasama Penelitian) dan Ary Budi Mulyono, ST (peneliti bidang standardisasi), selaku wakil dari Puslitbang Standardisasi BSN dengan Prof. Dr. Ir. Inneke F. M. Rumengan M.Sc,  selaku Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) UNSRAT dan Prof. Dr. Feti Fatimah M.Si  selaku sekretaris LPPM UNSRAT, bertempat di ruang kerja Wakil Rektor IV, Bidang Perencanaan, Penganggaran, dan Kerja Sama UNSRAT,  Kantor Rektorat - UNSRAT. Dalam kunjungan tersebut, dipaparkan maksud, tujuan sasaran dari  Rencana Kerjasama Penelitian dalam rangka pengembangan Standar Nasional Indonesia (SNI) produk unggulan di propinsi Sulawesi Utara. Disamping itu, dijelaskan pula mengenai lingkup kerjasama penelitian, petunjuk teknis (juknis) pelaksanaan, tata cara pengajuan proposal, teknis pelaksanaan, dan monitoring evaluasi (monev) hasil kerjasama penelitian tersebut.

Menanggapi rencana kerjasama penelitian bidang standardisasi yang akan dilakukan antara LPPM Universitas Sam Ratulangi dengan pihak Puslitbang Standardisasi BSN, maka pihak LPPM UNSRAT menyambut baik dan menyatakan keinginan untuk mengadakan kerjasama penelitian (joint research) dalam bidang standardisasi. Kerjasama penelitian yang diusulkan oleh UNSRAT difokuskan kepada Pengembangan Standar Nasional Indonesia (SNI) Produk Unggulan Daerah Sulawesi Utara. Hal ini dipandang perlu dikarenakan pemerintah sedang menggalakkan program pengembangan produk unggulan daerah di wilayah Koridor  Master Plan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI). Puslitbang Standardisasi BSN mengharapkan kerjasama penelitian antara kedua belah pihak dapat segera dikembangkan dalam persiapan program kerja tahun 2016. Selanjutnya rencana program kerjasama penelitian bidang standardisasi tersebut harus dilandasi oleh Nota Kesepahaman (MoU) antara kedua pihak yang melakukan kerjasama penelitian bidang standardisasi. Menindaklanjuti hasil pembahasan tersebut, maka pihak LPPM UNSRAT segera akan melakukan penelaahan lebih lanjut terkait rencana kerjasama penelitian pengembangan SNI sektor prioritas produk unggulan di wilayah Sulawesi Utara. Diharapkan dengan kerjasama penelitian ini dapat meningkatkan pengembangan standardisasi dalam mendukung pengembangan SNI produk unggulan daerah di Sulawesi Utara serta peningkatan kualitas hasil-hasil penelitian bidang standardisasi. (BBL, ABM)