Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Penyerahan Sertifikat Akreditasi SNI ISO/IEC 17025:2008 UPTD Balai Laboratorium Lingkungan Hidup, Badan Lingkungan Hidup Daerah Sulawesi Selatan

  • Minggu, 14 Juni 2015
  • 2199 kali

Penyerahan Sertifikat Akreditasi SNI ISO/IEC 17025:2008 UPTD Balai Laboratorium Lingkungan Hidup, Badan Lingkungan Hidup Daerah  Sulawesi Selatan

  Bertepatan dengan peringatan hari lingkungan hidup sedunia UPTD Laboratorium Lingkungan Hidup Badan Lingkungan Hidup Daerah Provinsi Sulawesi Selatan  bekerja sama dengan PT. Astra International Indonesia dan stakeholders telah menyelengarakan acara peringatan tingkat Provinsi Sulawesi Selatan, pada tanggal 14 Juni 2015 dengan tema : “Mimpi dan aksi bersama untuk keberlanjutan di bumi”. Acara dihadiri oleh Gubernur Sulawesi Selatan DR.H.Syahrul Yasin Limpo,SH,M.Si,MH, Bapak Kepala Badan Litbang Kemenhut dan LH, para Bupati se SulSel, SKPD, LSSM PT. MAL, PT. Astra International, PT. Semen Tonasa, Perwakilan PTPN IV, Para Kepala Sekolah yang menerapkan Green Policy dan stakeholder lainnya. Acara dipusatkan di Taman Maccini Sombala of Indonesia (MOI) Makassar”, dimulai dengan jalan kaki bersama sepanjang 2,5 Km sambil membersihkan dan memungut sampah. Pada kesempatan tersebut Komite Akreditasi Nasional menyerahkan sertifikat akreditasi kepada UPTD Laboratorium Lingkungan Hidup Badan Lingkungan Hidup Daerah Provinsi Sulawesi Selatan yang disampaikan oleh Ir. Tom Abbel Sulendro Selaku Kepala Bidang Lembaga Inspeksi dan Laboratorium medik mewakili Ketua KAN langsung kepada Gubernur Provinsi Sulawesi Selatan DR. Syahril Yasin Limpo, SH., MSi.

UPTD Laboratorium Lingkungan Hidup Badan Lingkungan Hidup Daerah Provinsi Sulawesi Selatan  diakreditasi dengan nomor LP-620-IDN untuk parameter air sungai, air minum, air bersih, dan udara; dan merupakan satu-satunya BLHD se-Sulawesi yang diakreditasioleh KAN.

Setelah serangkaian penyerahan sertifikatdan MoU, dilanjutkan penanaman sebanyak 30 pohon oleh para wakil pimpinan Badan Usaha dan pejabat terkait yang sempat hadir. Salah satu di antaranya dicangkul dan ditanam oleh Komite Akreditasi Nasional yang dilakukan oleh Ir. Tom Abbel Sulendro, yaitu pohon Mahoni (Swieteniamacrophylla). Data dari Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup RI, Peringatan di Sulwesi Selatan merupakan peringatan tingkat Provinsi yang ke-5 di Indonesia, dan peringatan (data PBB) di kota yang ke-2031.(tas)