Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Indonesia kembali meraih medali di The 10th International Standard Olympiad

  • Sabtu, 08 Agustus 2015
  • 1498 kali

 

Indonesia kembali meraih mendali di The 10th International Standard Olympiad yang diselenggarakan di Anseong, Korea pada tanggal 6-9 Agustus 2015. Olimpiade ini diselenggarakan oleh Korean Agency for Technology and Standards (KATS) dan Korean Standards Association (KSA). Olimpiade yang diselenggarakan tahun ini didukung pula oleh International Electrotechnical Commission (IEC). Tema olimpiade kali ini adalah Create Your Dream with Standard.

 

Olimpiade kali ini diikuti oleh tingkat middle school sebanyak 24 tim dari Korea dan 2 tim dari Jepang dan Peru. Sedangkan untuk tingkat high school sebanyak 21 tim dari Korea dan 4 tim dari Indonesia, Jepang dan Rwanda. Tim Indonesia terdiri dari SMAN 3 Yogyakarta (Tim Padmanaba) dan SMAK St. Louis 1 Surabaya (Tim Sinlui).

The 10th International Standard Olympiad dibuka oleh Chairman KATS dan KSA, di samping itu juga Chairman IEC memberikan keynote speech yang disampaikan melalui video.

 

Berbeda dengan tahun lalu, olimpiade kali ini seluruh peserta diberikan topik untuk problem solving sebanyak 2 topik yang berbeda. Pada project pertama, seluruh peserta diminta untuk membuat prototipe dengan tema yaitu pemanas air (ketel), waktu pengerjaan selama 4 jam. Selanjutnya untuk project kedua, peserta ditugaskan untuk menuangkan ide dalam bentuk portofolio , sebagai bahan presentasi pada sesi berikutnya. Ada pun diberikan dua pilihan topik yaitu automotive (smart car) dan drone, dengan waktu pengerjaan selama 2 jam.

Kriteria penilaian olimpiade kali ini adalah menggabungkan penilaian berdasarkan hasil kerja berupa prototype yang telah dibuat pada project pertama dan ide serta presentasi yang dipaparkan oleh peserta pada project kedua. Dari hasil penilaian juri, kedua Tim Indonesia berhasil mendapatkan penghargaan yaitu Tim Sinlui meraih medali perak dan Tim Padmana meraih medali perunggu.

 

Selamat kepada para pemenang (NL/KA).