Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Penyerahan Sertifikat Akreditasi SNI ISO/IEC 17025:2008 Kepada Pusat Penelitian Tenaga Listrik dan Mekatronik - LIPI

  • Senin, 24 Agustus 2015
  • 1461 kali

Dalam rangka meningkatkan kapasitas dan kualitas kompetensi sumber daya manusia terkait dengan pemahaman persyaratan umum kompetensi laboratorium pengujian dan laboratorium kalibrasi dan pemetaan sumber daya laboratorium di lingkungan LIPI, Kepala Badan Standardisasi Nasional (BSN) Bambang Prasetya menyerahkan Sertifikat Akreditasi SNI ISO/IEC 17025:2008 Persyaratan Umum untuk Kompetensi Laboratorium Pengujian dan Laboratorium Kalibrasi kepada Pusat Penelitian Tenaga Listrik dan Mekatronik - LIPI (LP-890-IDN) di Cibinong, Bogor, Senin (24/8/2015).

Puncak peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-48 Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) dipusatkan di kawasan Cibinong Science Center (CSC) Cibinong Bogor. Turut hadir dalam acara tersebut, Muhammad Dimyati, Direktur Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan (Kementerian Ristek Dikti), Nur Mahmudi Ismail, Walikota Depok, Andi Eka Sakya, Kepala Badan Metrologi, Klimatologi, dan Geofisika, Priyadi Kardono, Kepala Badan Informasi Geospasial, para peneliti, dan seluruh stakeholder terkait.

 

Dalam sambutannya, Kepala LIPI Zulkarnain menyampaikan bahwa karya LIPI telah dirasakan oleh masyarakat dan akan terus diupayakan secara sistematis agar lebih meluas dan berdampak secara signifikan. Selain itu, “Ditengah waktu yang terus berjalan, kita dihadapkan pada sejumlah pekerjaan dan tantangan besar yang harus diselesaikan untuk mewujudkan cita-cita menjadikan LIPI sebagai salah satu lembaga riset berkelas dunia”, ujarnya.

 

Senada dengan Zulkarnain, Direktur Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan Kementerian Ristek Dikti, Dimyati berpesan “Kita harus bisa bersinergi antara peneliti, perekayasa, dosen baik di LIPI maupun universitas atau lembaga penelitian yang lainnya, dalam memilih atau memprioritaskan penelitian yang signifikan dalam jangka pendek dan multiplier effect agar dapat bermanfaat bagi seluruh rakyat Indonesia”.

 

Pada tahun 2015 ini, LIPI juga memberikan penganugerahan Inventor Award kepada tujuh paten hasil penelitian yang berpengaruh signifikan bagi ilmu pengetahuan dan masyarakat umum. Inventor Award merupakan penghargaan yang diberikan atas jasa para peneliti LIPI memunculkan hasil penelitian yang telah dipatenkan dan bermanfaat bagi masyarakat bagi masyarakat sekaligus mendorong produktivitas penelitian yang lain.

Iskandar menyebutkan, tujuh hasil penelitian yang memperoleh Inventor Award merupakan karya riset secara perorangan maupun kelompok/tim penelitian. Tujuh hasil penelitian itu adalah "biskuit untuk penyandang autis", "komposit dari serat mikro kenaf dengan polipropilena atau poli-asam laktat", "proses pembuatan sel dan kluster baterai padat lithium berbasis keramik", "bio-toilet berpengaduk manual", "metoda dan alat untuk meningkatkan kadar methana dalam biogas", "sari tempe manis dan proses pembuatannya", dan "antena radar penetrasi tanah berbentuk dasi kupu-kupu".

 

 

Acara puncak HUT LIPI ini diisi pula dengan berbagai kegiatan, antara lain jalan sehat, peletakan batu pertama pembangunan masjid CSC BG, penandatanganan MoU LIPI dengan Universitas Syiah Kuala, BNN, BMKG, Universitas Negeri Surabaya, Inventor Award, pemberian teknologi transfer award/penghargaan alih teknologi. Dalam kesempatan ini pula, Bambang Prasetya sebagai Pembina Utama / Peneliti Utama pada Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI mendapatkan tanda kehormatan Satya Lencana Karya XXX Tahun. (rmy)