Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Pembinaan Jejaring informasi standardisasi – SNI Corner

  • Selasa, 01 September 2015
  • 2603 kali

BSN bersama PSMB Lembaga Tembakau menyelenggarakan bimbingan teknis pemanfaatan sumber daya informasi standardisasi yang di selenggarakan dalam 2 sesi. Sesi 1 diikuti oleh ±30 peserta pemanfaat informasi standardisasi dan penilaian kesesuaian melalui SNI Corner, yang terdiri dari akademisi, SMK, pelaku usaha. Bimbingan teknis berikutnya adalah untuk para karyawan PSMB sebagai pelayan informasi standardisasi melalui SNI Corner.  


Acara ini dibuka oleh Ibu Deputi bidang Informasi dan Pemasyarakatan Standardisasi BSN, Ibu Dewi Odjar Ratna Komala. Beliau memaparkan Road map Sistem Stanadrdisasi Nasional 2015-2025, serta arti pentingnya standar untuk perdagangan dan industri di indonesia dalam menghadapi pasar bebas ekonomi asia. Beliau juga mejelaskan bagaimana peranan standar dari mulai proses produksi sampai kepada konsumen, terutama yang terkait dengan pemanfaatan potensi daerah Jember yaitu tembakau.

Acara selanjutnya adalah diskusi panel yang disampaikan oleh 2 pembicara, yaitu Kepala PSMB Jember, Ir. Desak Nyoman S, MMA dan Kepala Pusat informasi dan Dokumentasi Standardisasi Ir. Abdul Rahman Saleh, M.Sc.


Dalam kesempatan tersebut, Desak menyampaikan tentang Laporan Kemajuan Pemanfaatan SNI Corner di Balai PSMB-Lembaga Tembakau Jember, yang al. meliputi jumlah pengunjung/pemanfaat SNI Corner yang mencapai lebih dari 600 visitor yang mengunjungi secara fisik. Materi-materi yang dimanfaat oleh pengunjung serta kebutuhan pengembangan baik dari segi konten SNI Corner maupun penguatan SDM PSMB sebagai pelayan informasi di SNI Corner.


 

Pada sesi pembicara ke-2, Abdulrahman menyampaikan mengenai Tujuan dikembangkannya SNI Corner di daerah-daerah. Saat ini BSN telah mengembangan 3 jejaring layanan informasi melalui SNI Corner yaitu di PSMB Jember (kerjasama), ITS Surabaya (insentif) dan IPB (insentif). Skema”SNI Corner tersedia dalam 2 bentuk, yaitu:

  1. Kerjasama, yaitu pembiayaan penyediaan SNI Corner dilakukan oleh BSN dan jejaring. Saat ini SNI Corner yang memanfaatkan skema tersebut adalah PSMB Jember yang memulai kerjasama pada tahun 2014.
  2. Insentif, yaitu pembiayaan penyediaan SNI Corner dilakukan oleh BSN.


Selain itu Abdulrahman menyampaian tentang rencana pengembangan SNI Corner di tahun 2015 yang tersebar di wilayah Sumatera, Jawa, Kalimantan dan Sulawesi. Aplikasi SNI Corner juga mengalami pengembangan fitur pencarian yaitu fasilitas One Search dan penyediaan koleksi yang dapat di-view secara fulltext oleh jejaring SNI Corner. Fasilitas One Search memberikan kemudahan bagi pengguna SNI Corner untuk mencari informasi yang langsung mengakses ke 8 sumber daya informasi BSN, al: SNI, Regulasi teknis, Lembaga Penilaian Kesesuaian (Laboratorium, Lembaga Sertifikasi, Lembaga Inspeksi), Jurnal/Prosiding, Majalah, kegiatan BSN, Kliping berita standardisasi, pelatihan standardisasi dsbnya. Dengan demikian diharapkan sumberdaya informasi standardisasi dan penilaian kesesuaian yang tersedia bagi publik dapat mudah.

Pada hari berikutnya dilakukan Workshop Pemanfataan Informasi Standardisasi  yang di sampaikan oleh Kepala Sub Bidang Terjemahan dan Kerjasama Informasi, Purwanto Hadisaputro dan Dedi maulana sebagai Perancang Kemasan Informasi  Standar – BSN. Workshop tersebut sebagai Refreshment untuk petugas layanan informasi dalam penyediaan referensi standar. Pada workshop ini dipaparkan materi-materi yang meliputi simulasi dan praktek pemberian tanggapan melalui jajak pendapat  dalam SISNI, pemanfaatan SISNI (cara penelusuran informasi SNI, Regulasi teknis, LPK dsbnya) tata cara download serta pemesanan SNI Online.