Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

PT. Kencana Gemilang dukung kegiatan promosi BSN

  • Selasa, 06 Oktober 2015
  • 4677 kali

Sebagai industri penerap SNI (Standar Nasional Indonesia), PT. Kencana Gemilang yang produknya dikenal dengan merk “Miyako” ternyata sangat menaruh perhatian pada pentingnya  mensosialisasikan produk SNI ke masyarakat. Buktinya, perusahaan yang berlokasi di Tangerang ini, telah beberapa kali memberikan dukungan pada kegiatan sosialisasi BSN dan SNI ke masyarakat. Yang terakhir ini, Kencana Gemilang bergabung dengan BSN dalam Pameran Bahari 2015 di Surabaya (3–6/09/2015) dan pada Pagelaran Seni Citra Semanti (PSCS) 2015 yang diselenggarakan di  Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Malang Jawa Timur pada Sabtu (03/10/2015).

Dukungan perusahaan dilakukan dengan menyediakan beberapa contoh produk merk Miyako yang sudah meraih sertifikat SNI diantaranya seterika listrik, kompor gas, regulator gas, kipas angin, magic jar, dan blender. Produk-produk tersebut kemudian dipamerkan dalam stand BSN sehingga memudahkan masyarakat dalam memahami produk ber-SNI. Selain itu, penjelasan Kencana Gemilang atas proses produksinya dan bagaimana upaya perusahaan ini dalam meraih sertifikat SNI, semakin memantapkan pengunjung pameran dalam memilih produk yang aman dan bermutu.

 



Penjelasan Kencana Gemilang kepada masyarakat atas penerapan SNI, ternyata juga memperkuat informasi BSN kepada masyarakat tentang kegiatan strategis dan peran BSN dalam mendorong pelaku usaha meningkatkan daya saingnya. Sebagai misi utama dalam pameran untuk mengenalkan lembaga BSN kepada masyarakat, informasi penerapan SNI semakin memudahkan pemahaman masyarakat atas perbedaan peran BSN, lembaga penilaian kesesuaian, dan pelaku usaha. 

Sekedar diketahui saja, pengenalan masyarakat terhadap BSN, belum begitu besar. Masyarakat masih mengenal SNI. Adapun tentang BSN dan kegiatan strategisnya, belum banyak yang mengenalnya. Melalui komunikasi 2 arah dalam pameran, ternyata masyarakat semakin tahu dan paham bahwa eksistensi BSN dalam mendukung pemerintah untuk melindungi masyarakat dari produk-produk yang tidak aman dan tidak berkualitas, semakin penting. Peran BSN dalam menetapkan SNI sebagai penguat daya saing produk nasional terutama dalam waktu dekat menyambut pemberlakuan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) 2015, juga dipahami pengunjung pameran semakin penting. 

Melalui keterlibatan “Miyako” dalam pameran BSN, menambah pengetahuan masyarakat bahwa ternyata banyak produk ber-SNI telah ada di sekitar kita. Itu setidaknya terlihat pada respon pengunjung pameran BSN di acara Pagelaran Seni Citra Smanti (PSCS) 2015 yang diselenggarakan di Gedung Dome, Universitas Muhammadiyah Malang. Di sini, selain membuka stand pameran, BSN juga menampilkan Standnia Band yang mempersembahkan 5 lagu di panggung welcome gate PSCS 2015.

 



PSCS 2015 sendiri diadakan oleh OSIS SMA Negeri 3 Malang masabhakti 2014/2015 bertujuan untuk menunjukkan kreatifitas siswa dalam bidang seni dan budaya serta sebagai ajang bertemunya  masyarakat luas  baik siswa, guru, alumni dan khalayak umum. SMAN 3 Malang merupakan salah satu finalis ajang Kompetisi Standardisasi Tingkat Nasional SMA/SMK  2015 yang beberapa waktu lalu diadakan oleh BSN untuk mewakili Indonesia pada 10th Standard Olympiad di Korea Selatan. (nda/dnw)




­