Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Dosen dan Mahasiswa sambut baik “Pendidikan Standardisasi” di Universitas Negeri Gorontalo

  • Jumat, 16 Oktober 2015
  • 1748 kali

Pemahaman mengenai standar menjadi hal yang penting saat ini seiring dengan Era Masyarakat Ekonomi ASEAN yang telah berada di depan mata. Dalam upaya mengembangkan dan meningkatkan pemahaman standardisasi di Indonesia, BSN kembali melaksanakan kegiatan Sosialisasi Standardisasi bagi dosen dan mahasiswa di Aula Fakultas Hukum – Universitas Negeri Gorontalo pada tanggal 13 Oktober 2015.


 “Kami berharap BSN dapat menjalin kerjasama yang baik dengan Universitas Negeri Gorontalo (UNG) dalam memperkuat salah satu pilar pengembangan UNG yakni Quality Assurance bagi masyarakat, sehingga akan semakin memperkuat peran UNG dalam melahirkan SDM berkualitas” Prof Dr. H. Hasanuddin, M.Hum pada pembukaan acara tersebut.  . Kegiatan ini diikuti oleh 100 orang dosen dan  mahasiswa yang berasal dari Fakultas Hukum, Fakultas MIPA, Fakultas Ilmu Sosial, Fakultas Ilmu Sosial serta Fakultas Teknik.


Lebih lanjut Dra. Dewi Odjar Ratna Komala, MM (Deputi Informasi dan Pemasyarakatan Standardisasi) dalam paparannya yang bertema Peran Standar dalam meningkatkan daya saing bangsa, menjelaskan tentang tujuan pendidikan standardisasi di perguruan tinggi, yaitu  untuk menciptakan lulusan SDM yang memiliki berbagai kompetensi. Selain itu, pembelajaran  standardisasi perguruan tinggi secara cepat mampu mengikuti berbagai perkembangan maupun perubahan IPTEK, kebijakan, regulasi serta kebutuhan pasar.


Masih berkaitan dengan peran perguruan tinggi di bidang standardisasi, Ir. Metrawinda Tunus, M.Sc (Kepala Pusat Pendidikan dan Pemasyarakatan Standardisasi) menjelaskan materi mengenai perlunya Perguruan Tinggi Mengetahui Standardisasi di Era Globalisasi.


Di akhir acara dilakukan diskusi antara pembicara BSN dengan dosen dan mahasiswa UNG. Pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan para dosen dan mahasiswa yang sangat antusias dan berbobot untuk mengetahui standardisasi.  “Dosen dan mahasiswa gorontalo ini cerdas dan pintar ya, karena setiap hari makan ikang ya”celoteh dewi odjar yang senantiasa disambut riuh para peserta. Apa yang terjadi di UNG tentunya, menjadi catatan dan semangat bagi BSN untuk berkiprah di bumi gorontalo, khususnya di bidang standardisasi dan penilaian kesesuaian (dies)