Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Launching SNI Corner Universitas Riau

  • Senin, 23 November 2015
  • 2506 kali

SNI Corner Universitas Riauakhirnya dilaunching


Launching SNI Corner Universitas Riau yang sempat tertunda beberapa pekan akibat kabut asap yang menyelimuti kota Pekanbaru, akhirnya berhasil dilakukan hari Jum’at lalu,  19 November 2015 di UPT Perpustakaan Universitas Riau.  Launching dtandai dengan pengguntingan pita oleh Wakil Rektor III Universitas Riau (UR), Dr. Syafrial MPd mewakili Rektor UR yang mendadak berhalangan hadir, disaksikan Kepala Pusat Informasi dan Dokumentasi Standardisasi  (Pusido) BSN, Abdul Rahman Saleh, Kepala UPT Perpustakaan UR, Agus Sutikno, dan para tamu undangan yang terdiri dari pejabat dan dosen  UR, serta wakil dari dinas/instansi pemerintah terkait di Pekanbaru. SNI Corner ditempatkan di lokasi yang strategis, yaitu lantai dasar UPT Perpustakaan UR, yang banyak dilalui civitas academica UR.


Acara Launching SNI Corner Universitas Riau didahului dengan pembacaan do’a  yang dipimpin dengan khidmat  oleh M. Yasin, staf Perpustakaan UR, dilanjutkan laporan  Kepala UPT Perpustakaan UR,  serta sambutan  Ka Pusido BSN dan Wakil Rektor III UR.Agus Sutikno dalam laporannya menyampaikan  terimakasih kepada BSN dan mengungkapkan kegembiraan atas  kepercayaan yang diberikan kepada  UPT Perpustakaan UR  untuk mengelola SNI Corner  sebagai program insentif-kompetetif  setelah melalui beberapa tahap seleksi termasuk visitasi dari tim BSN guna melihat kesiapan dan kelayakan Perpustakaan UR untuk mengelola SNI Corner. Agus  mengharapkan  keberadaan SNI Corner di Perpustakaan UR dapat dimanfaatkan secara optimal oleh seluruh civitas academica, termasuk dalam aktifitas penelitianyang mendukung UR sebagai research university.


“SNI Corner Universitas Riau merupakan SNI Corner yang ke 11 di Indonesia”.  Demikian dikatakan Ka Pusido BSN, Abdul Rahman Saleh dalam sambutannya.  Sejak 2013 SNI Corner memang telah ditempatkan dibeberapa lokasi, termasuk perguruan tinggi seperti IPB, ITS, dan ITB.  Menurut Abdul Rahman, tujuan penyelenggaraan SNI Corner adalah mendekatkan  dan memudahkan akses SNI dan informasi standardisasi lainnya bagi masyarakat, termasuk civitas academica di perguruan tinggi.  BSN tidak memiliki cabang di daerah, sehingga SNI Corner  merupakan “cabang” BSN dalam penyebarluasan informasi standardisasi.


Wakil Rektor UR, Syafrial, dalam sambutannya menyatakan terimakasih kepada BSN yang telah memberikan kepercayaan kepada perpustakaan UR sebagai  lokasi SNI Corner.  Syafrial mengapresiasi kerjasama yang telah  dijalin oleh Perpustakaan UR dengan BSN, dan mengharapkan agar  kerjasama tersebut  “tidak hanya sebatas SNI Corner”, tetapi ditindaklanjuti ke arah pembinaan terkait standardisasi kepada civitas academica UR.  Menurut Syafrial, keberadaan  SNI Corner sangat perlu bagi sivitas akademika.  “Dengan menggunakan standar  hasil penelitian dan produk kita pasti akan diterima oleh konsumen dan masyarakat,” tegasnya.
Setelah launching, acara dilanjutkan dengan seminar bertema Standardisasi untuk Peningkatan Mutu Kehidupan dan Daya Saing Bangsa dengan nara sumber Ir. Abdul Rahman Saleh MSi (Ka Pusido BSN), Dr. Adi Prayitno MSc, Dosen FT UR,  Dra. Erni Sumarni, MAP (Plt. Kabid Dokpus BSN), dan Minanuddin MHum(Ka Perpustakaan BSN). Seminar diikuti oleh 100 orang dari unsur pejabat dan dosen UR, dinas terkait di Pekanbaru, serta pustakawan  dari perpustakaan umum dan perpustakaan perguruan tinggi di Pekanbaru.




­