Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Benchmarking Manajemen Diklat Profesional ke PKP2A1 LAN Bandung

  • Senin, 30 November 2015
  • 2278 kali

Untuk menambah referensi serta meningkatkan layanan kepada masyarakat, Bidang Pendidikan dan Pelatihan Badan Standardisasi Nasional mengadakan visitatasi ke Pusat Kajian dan Pendidikan Aparatur I Lembaga Administrasi Negara (PKP2A1 LAN)  yang bertempat di Jatinangor, Bandung pada tanggal 27 November 2015 yang lalu.

Dalam kunjungannya, rombongan yang dipimpin oleh Andry R. Prihikmat selaku Kepala Bidang Biklat BSN disambut hangat oleh Kepala Bagian Administrasi PKP2A1, Hari Nugraha beserta tim. Dalam sambutannya, Hari Nugraha mengenalkan dan menggambarkan tugas pokok serta beberapa informasi umum mengenai Pusat Kajian dan Pendidikan Aparatur I Lembaga Administrasi Negara (PKP2A1 LAN) Jatinangor, Bandung.

 

Acara kemudian dilanjutkan dengan pemaparan oleh Pupung P. Hasan yang menjelaskan secara lebih rinci mengenai Bidang Diklat yang terdapat Pusat Kajian dan Pendidikan Aparatur I Lembaga Administrasi Negara (PKP2A1 LAN).

Dalam pemaparan tersebut, dijelaskan pentingnya tata kelola yang baik untuk menghasilkan layanan diklat yang optimal. Tata kelola tersebut dimulai dengan perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, sarana dan prasarana serta berbagai fasilitas penunjang diklat seperti asrama serta fasilitas olahraga untuk memberikan kenyamanan bagi peserta diklat.


Satu hal yang menarik dari pemaparan mengenai tata layanan diklat di PKP2A1 LAN adalah adanya fasilitas E-diklat yang terdiri dari e-registrasi, e-monev, e-learning, e-jurnal, e-konsultasi, serta e-training networking yang dirasa sangat memudahkan bagi masyarakat serta pihak PKP2A1 LAN sendiri.

 
 Setelah pemaparan yang dilanjutkan dengan diskusi, rombongan kemudian berkeliling melihat-lihat berbagai fasilitas yang terdapat di area seluas 5 hektar tersebut seperti ruang kelas, auditorium, perpustakaan, assessment center, serta menengok gedung Graha Giriwisesa yang merupakan gedung serbaguna di lingkungan PKP2AI LAN Jatinangor. (diklat)




­