Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

BADAN STANDARDISASI NASIONAL (BSN) BERPARTISIPASI DALAM PERUNDINGAN KERJASAMA REGIONAL COMPREHENSIVE ECONOMIC PARTNERSHIP (RCEP)

  • Kamis, 20 Oktober 2016
  • 1594 kali

 

Perundingan ke-15 RCEP Trade Negotiating Committee (RCEP TNC) berlangsung tanggal 11 – 21 Oktober 2016 di Tianjin. Tiongkok. Perundingan bidang Standards, Technical Regulations and Conformity Assessment Procedures (STRACAP) menjadi bagian dari perundingan tersebut dan merupakan perundingan yang ke-10 dan telah berlangsung pada tanggal 12-16 Oktober 2016. Perundingan STRACAP diawali dengan ASEAN Caucus (12-13 Oktober 2016) dan dilanjutkan dengan ASEAN Foreign Partners (14-16 Oktober 2016).  Perundingan dihadiri oleh seluruh negara anggota ASEAN kecuali Myanmar, serta 6 (enam) Negara Mitra FTAs (Australia, India, Jepang, Korea, Selandia Baru dan Tiongkok) dan Sekretariat ASEAN. Delegasi Indonesia diwakili oleh Kepala Bidang Kerjasama Standardisasi Internasional – Badan Standardisasi Nasional (BSN).

 

Perundingan masih melanjutkan pembahasan di semua pasal dalam Bab STRACAP terutama untuk mencapai kesepahaman atas pasal-pasal yang dirundingkan di bidang standar dan penilaian kesesuaian seperti mekanisme adopsi standar internasional menjadi standar nasional, keterkaitan dengan TBT-WTO Agreement, dll.  Selain itu juga membahas mengenai proposal baru yang diajukan oleh AFP untuk menjadi bagian dari Bab STRACAP.

 

Putaran perundingan selanjutnya akan diselenggarakan pada awal bulan Desember 2016 di Indonesia.