Umum

Standardisasi dan Inovasi Kunci Sukses Tempe Hienak – Kunjungan UD Pendekar Tempe Sakti

Tempe adalah salah satu makanan tradisional khas Indonesia. Tempe merupakan makanan yang terbuat dari biji kedelai atau beberapa bahan lain yang diproses melalui fermentasi. Lewat proses fermentasi ini, biji kedelai mengalami proses penguraian menjadi senyawa sederhana sehingga mudah dicerna. Dari beberapa penelitian terhadap tempe diperoleh hasil bahwa tempe mengandung elemen yang berguna bagi tubuh, yakni asam lemak, vitamin, mineral, dan antidioksidan.

 

 

Industri kecil pembuat tempe di Indonesia belum banyak yang menerapkan standardisasi. Dengan menerapkan justru pelaku usaha sangat diuntungkan, salah satunya adalah melindungi kesehatan dan kepentingan konsumen serta menjamin produk tersebut sesuai dengan persyaratan mutu standar. UD Pendekar Tempe Sakti telah membuktikan bahwa dengan standardisasi tempe, mereka dapat membuat tempe berkualias dan higenis serta inovasi dalam pemprosesan tempe hingga distribusi tempe yang baik.

 

Dalam kunjungan kerja Kepala Badan Standardisasi Nasional (BSN) Bambang Prasetya didampingi Kepala Bidang Pemasyarakatan BSN Nurhidayati, beserta staf BSN disambut hangat oleh Soetono pemilik UD Pendekar Tempe Sakti di Jalan Medoan Ayu MA III D/34 Surabaya. Perusahaan yang awal mulanya memproduksi hanya dengan 3 kg kedelai perhari, saat ini telah mencapai 700 kg/tahun. Usaha di mulai dengan peralatan sederhana seperti pengrajin tempe lainnya. Tetapi dengan kepercayaan konsumen, masukan dari penjual dan pembeli, maka dimulailah untuk melakukan produksi tempe dengan mengunakan mesin.  “Kami menciptakan beberapa mesin yang sesuai dengan kebutuhan, mulai mesin pemecah kedelai, mesin pencuci, mesin peragian hingga mesin packing” ujar Soetono.

 

 

Soetono menjelaskan dalam menjalankan usahanya tidaklah mudah, dengan standardisasi dan inovasi Tempe Hienak dapat diterima oleh konsumen. “Saya menjual produk tempe berbeda dengan yang lain karena produk kami dilakukan sesuai dengan standar dan penjualan melalui online, sehingga masyarakat tidak ragu untuk membeli produk kami” ujar Soetono. Kejelian dalam menjalankan bisnisnya tak luput dari bagian pemasaran produk dengan sistem online yaitu ONGKIR GRATIS dan dapat didownload melalui playstore dan appstore. Sehingga memberikan kepastian produk tempe tersebut sampai ditangan konsumen dengan aman.

 

 

Tempe Hienak sebagai brand yang memberikan perhatian terhadap masalah higienis dan kualitas tempe telah memformulasikan tempe dengan kedelai pilihan yang bersih, proses produksi menggunakan mesin-mesin yang canggih, menggunakan air yang sudah terfiltrasi dengan baik dan secara keseluruhan memproduksi dengan standart pangan yang terkontrol dan dengan standarisasi kualitas Sertifikasi ISO 9001. Produk Tempe Hienak ini diharapkan dapat membantu masyarakat untuk mendapatkan tempe berkualitas yang aman dari bebas bahan-bahan campuran tambahan. (rmy/humas)


Dilihat : 183


Membumikan Standardisasi dan Penilaian Kesesuaian (SPK) di Bumi Sriwijaya PERTEMUAN DAN PRESENTASI ILMIAH STANDARDISASI (PPIS) 2017 Peresmian SNI Corner di Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS). Studi Visit Tim Pengembangan SDM BSN: Manusia Sebagai Asset Hati -Hati Penipuan Atas Nama Pimpinan BSN/ KAN