Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Audiensi BSN – Dubes Brasil: Bahas Pencalonan Chair dan Vice-Chair Codex 2017

  • Selasa, 13 Juni 2017
  • 2816 kali

Kepala Badan Standardisasi Nasional (BSN), Bambang Prasetya, didampingi Deputi Bidang Penerapan Standar dan Akreditasi BSN, Kukuh S. Achmad, menerima kunjungan Duta Besar Brasil, Rubem Antonio Correa Barbosa, pada Selasa (13/6/2017) di Kantor BSN, Jakarta. Pertemuan kali ini untuk membahas pengusulan kandidat Chair dan Vice-Chair Codex, yang akan dipilih pada Sidang Codex Alimentarius Commission (CAC) ke-40, tanggal 17 – 22 Juli 2017, di Jenewa, Swiss.

Brasil mengajukan Guilherme Antonio da Costra sebagai kandidat Chairperson. Adapun Indonesia, mengusung Purwiyatno Hariyadi sebagai kandidat Vice-Chair. Purwiyatno Hariyadi sendiri ialah Profesor bidang Rekayasa Proses Pangan di Departemen Ilmu dan Teknologi Pangan, Institut Pertanian Bogor. Purwiyatno telah aktif dalam forum Codex sejak tahun 2008 sampai sekarang, sebagai national expert dan juga anggota Komite Nasional Codex Indonesia.

Pada pertemuan tersebut, Duta Besar Rubem menyampaikan permintaan dukungan pencalonan (Brasil) sebagai Chair Codex. Rubem menyampaikan, pihaknya sangat mengapresiasi capaian-capaian Indonesia di berbagai bidang. Ia berharap Indonesia dapat mendukung langkah Brasil dalam pencalonan kandidat Chair tahun ini.

Sementara itu, Bambang mengungkapkan bahwa ia menyambut baik maksud kedatangan pihak Brasil dan berharap ke depannya BSN dan Brasil dapat bekerja sama di bidang pengembangan standar pangan.

Untuk pengusulan kandidat Indonesia sebagai Vice-Chair Codex, Codex Contact Point (CCP) Indonesia telah berkoordinasi dengan Kementerian Luar Negeri untuk membahas langkah strategis yang diperlukan. (ria-humas)