Nasional

Si Rino Hadir Memeriahkan Car Free Day Hakteknas Ke-22 di Makassar

Tanggal 10 Agustus 1995 menjadi istimewa bagi bangsa Indonesia, dengan diterbangkannya Pesawat Udara N250 Gatotkaca yang berkapasitas 35 orang. Pesawat yang pada waktu itu diproduksi oleh Industri Pesawat Terbang Nusantara (IPTN) bermesin turboprop merupakan kulminasi dari upaya panjang ilmuwan Indonesia untuk menjadikan bangsa ini sebagai bangsa terhormat di mata dunia yang mampu memproduksi sendiri pesawat terbang. Maestro di balik diciptakannya pesawat N-250 tersebut tak lain tak bukan adalah Prof. Dr. BJ. Habibie, Menteri Riset dan Teknologi kala itu.

Pesawat Udara N250 ini didesain dan diproduksi oleh putra Indonesia melibatkan sekitar 1000 tenaga terdidik dan terampil lulusan perguruan tinggi dalam dan luar negeri. Atas keberhasilan ini dan dengan misi untuk untuk lebih menyemangati masyarakat agar terus menghasilkan, mengembangkan, dan memajukan hasil teknologi dalam negeri, pada tanggal 6 Oktober 1995 Presiden Soeharto menetapkan tanggal 10 Agustus sebagai Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) melalui Keputusan Presiden Nomor 71 Tahun 1995.

Pada Minggu 6 Agustus 2017, sebagai awal dari serangkaian Peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional ke-22, diselenggarakan jalan sehat di Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Menristekdikti Mohamad Nasir mengatakan, penyelenggaraan Hakteknas ke-22 2017 di Kota Makassar, merupakan kali pertamanya terselenggara di luar Pulau Jawa. "Sulawesi Selatan merupakan salah satu provinsi dengan garis pantai terpanjang di Indonesia. Pelabuhan Makassar adalah pintu gerbang laut Indonesia Timur, memiliki pelabuhan perikanan rakyat besar dengan dinamika pembangunan di pesisir yang paling tinggi di Indonesia," kata Mohammad Nasir.

   

Kegiatan jalan sehat yang diikuti oleh sekitar 2000 orang peserta tersebut dilepas oleh Walikota Makassar, Danny Pomanto di depan Monumen Mandala Kota Makassar. Selain masyarakat umum, peserta juga berasal dari para pejabat lingkup Kemenristekdikti, Pemkot Makassar, Pemprov Sulsel, dan para pelajar.

Bermain Ular Tangga Raksasa hingga Berfoto Bersama Si Rino

   

Di sepanjang area Makassar CFD, ditampilkan berbagai produk inovasi teknologi. Yang paling seru dan menarik adalah permainan Ular Tangga SNI dan foto bersama Si Rino di photobooth dari Badan Standardisasi Nasional (BSN). Bahkan, di sela-sela gerak jalan sehat pun, Menristekdikti, Mohamad Nasir didampingi Walikota Makassar dan Gubernur Sulawesi Selatan menyempatkan berkunjung ke stan BSN dan berfoto bersama Si Rino, maskot SNI.

   

Kepada masyarakat dan wartawan yang hadir, Menristekdikti menyampaikan bahwa ketika kita berinovasi dan menghasilkan produk inovasi diperlukan suatu jaminan agar hasil inovasi kita aman dan bermutu, aman saat digunakan oleh masyarakat adalah yang paling penting. Untuk itu diperlukan standardisasi. Nah Badan Standardisasi Nasional inilah yang bertanggung jawab di bidang standardisasi, dengan menyusun dan menetapkan Standar Nasional Indonesia, demikian jelas Menristekdikti. Kemeriahan permainan ular tangga raksasa, photobooth Si Rino, dan aneka kuis penuh dengan berbagai hadiah menarik terus berlanjut hingga car free day berakhir pk. 10.00 WITA. (NH)

           

                                       

   


Dilihat : 329


BSN Dukung Kompetisi Rekayasa Kualitas Tingkat Nasional 2017 di USAKTI HASIL AKHIR SELEKSI TERBUKA PENGISIAN JABATAN PIMPINAN TINGGI MADYA DI LINGKUNGAN BADAN STANDARDISASI NASIONAL TAHUN 2017 Pertemuan Dan Presentasi Ilmiah Standardisasi (PPIS) 2017 BSN Launching SNI Corner Di UPS Tegal Indonesia Harus Manfaatkan Forum TFBC Untuk Kepentingan Nasional