Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Dialog Pendidikan Standardisasi diantara Akademisi dan Badan Standardisasi Internasional ICES WSC 2017

  • Rabu, 16 Agustus 2017
  • 1683 kali

Northwestern University School of Law, Chicago, USA 10-11/Agustus 2017 - 

 

Dalam rangka mempromosikan dialog antara perguruan tinggi dengan kalangan Komunitas Standar Internasional (WSC) dan untuk meningkatkan kesadaran,  mempercepat kerjasama serta inisiatif bersama , 3 (tiga) organisasi standar internasonal yakni ISO, IEC, dan ITU setiap tahun mengadakan pertemuan tahunan WSC.  Pertemuan tahunan ini selalu digelar berbarengan dengan pertemuan ICES ( International Cooperation for Education about Standardization) dalam konteks skill requirements, pedagogy, and research  Pertemuan diselenggarakan di  Northwestern University School of Law, Chicago, USA 10-11 Agustus 2017.  Delegasi Indonesia diwakili oleh Deputi bidang Informasi dan Pemasyarakatan Standardisasi, Erniningsih, Dosen Universitas Diponegoro, Dr. Bambang Purwanggono dan wakil Konsul bidang Informasi dan kebudayaan Sosial, Dhanny Arifin.  Pertemuan dihadiri oleh kurang lebih 50 peserta  yang terdiri dari Pemerintah, Dosen, Industriawan, Organisasi Standardisasi (nasional dan internasional), Peneliti serta Institusi Training.

 

Sidang ICES berlangsung pada hari Kamis, 10 Agustus 2017 , secara umum membahas pendidikan standar/persyaratan keahlian standardisasi dari sudut pandang industri, pemerintah,  kajian contoh standar dalam pembelajaran manajemen, hukum, dan inisiatif pelatihan dari pemerintah berbagai negara, penelitian terkait dan kajian pedagogical approach, pentingnya standar dan pendidikan serta sudut pandang ISO, IEC dan ITU, Organisasi Standar Nasional, Universitas dan pemangku kepentingan lainnya.

 

Pada kesempatan ini salah satu paparan yg penting untuk dicermati adalah paparan oleh Donggeun Choi (KATS)  tentang develop career path and map  initiative tenaga profesi standardisasi  dilakukan melakukan survai standar proffesional development di  anggota APEC. Korea kemudian mengembangkan definisi dan klasifikasi standards profesional dan membuat peta jabatannya seperti standard planning and evaluation, standard development, standard dissemination , standard other ( TBT, Regulation). Hasil dari riset Korea ini akan dibahas dalam  workshop bekerjasama dengan ISO dan IEC di Singapura bulan Februari 2018. Workshop ini akan sangat berguna dalam merancang carrier road map and vision for young generation of standardization Sebaiknya Indonesia bisa mengirim wakil untuk mengikuti workshop tersebut.

 

WSC dilaksanakan di hari ke 2 yaitu Jum’at tanggal 11 Agustus, dimulai dengan tema bahasan; Bagaimana pendidikan tentang standardisasi dapat bermanfaat yang disimpulkan dari hasil analisis dan studi kasus penggunaan dan kontribusi  stnadard terhadap masyarakat dan kinerja organisasi . Dilanjutkan dengan sharing informasi dari Badan Standardisasi Nasional BSN, SAC China, KATS, ANSI dan Spanyol.

 

Erniningsih (BSN) dalam paparannya menyampaikan program pendidikan standardisasi yang telah dimulai oleh BSN sejak tahun 2005,dimulai dari tingkat SD,SMP , SMA dan perguruan tinggi. Berbagai cara dalam mempromosikan pendidikan standardisasi khususnya di perguruan tinggi dilakukan oleh BSN termasuk melibatkan perguruan tinggi dalam membina UMKM. 

 

 

Dari sharing knowledge ini dapat disimpulkan bahwa berbagai tema maupun cara telah dikembangkan oleh berbagai negara dalam memberi warna pendidikan standardisasi di negara masing masing.  Isue yang muncul dalam paparan seperti : teaching for Z generation; standardization needs talents and future leaders; mengapa standar dikembangkan dan digunakan oleh organisasi; teori teori praktis diperkenalkan seperti teori ekonomi, standar perdagangan dan good regulatory practices, public policy perspectif; dari sudut pandang industri muncul isu case study and business strategy; value organization in using standards dalam ISO methodology berbagai tema yang bisa digunakan oleh peserta untuk meningkatkan pendidikan standardisasi.

 

 

Pertemuan tahunan ICES dan WSC yang akan datang akan diselenggarakan di Indonesia yaitu di Yogyakarta pada bulan Oktober 2017, back to back dengan IEC General Assembly di Busan, Korea.