Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Terapkan Mata Kuliah Standardisasi, Prodi D3 FMIPA UII Yogyakarta adakan Kuliah Umum Standardisasi

  • Selasa, 26 Maret 2019
  • 2464 kali

Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta berkolaborasi dengan Badan Standardisasi Nasional (BSN) melalui kuliah umum Standardisasi di Program Studi (Prodi) Diploma 3 FMIPA. Kuliah umum yang dilaksanakan pada Sabtu, 16 Maret 2019 lalu, bertujuan agar siswa memiliki pemahaman terkait standardisasi dan penilaian kesesuaian.

Diungkapkan oleh Ketua Prodi D3 Analisis Kimia FMIPA UII, Tri Esti Purbaningtias, S. Si., M. Si., bahwa mata kuliah Standardisasi merupakan satu mata kuliah yang diberikan kepada Mahasiswa pada semester satu dengan bobot 2 satuan kredit semester (SKS). Setelah mengikuti mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu menjelaskan atau mengilustrasikan pentingnya standardisasi dalam segala aspek kehidupan. Sehingga mampu berperilaku atau berbudaya standar dalam memecahkan masalah dalam lingkup pekerjaannya.

Kuliah Umum diberikan Fajarina Budiantari STP, M.Si dan Kristanti Andriani, ST. MM dari Badan Standardisasi Nasional (BSN) dan dosen FMIPA UII, Thorikul Huda, MSc, yang juga Manajer Teknis Laboratorium Terpadu yang telah terakreditasi sesuai SNI ISO/IEC 17025:2017. Fajarina dalam kuliahnya menjelaskan tentang pengantar standardisasi yang meliputi pengertian, filosofi, sejarah, jenis-jenis standar dan manfaat standar dalam kehidupan. Selain itu, juga menjelaskan tentang manfaat standar dalam perdagangan dan dalam menanggapi isu global; level, subyek dan aspek standardisasi sifat standar serta tujuan standardisasi; anatomi standar, prinsip dasar pengembangan standar, proses pengembangan standar; dan aplikasi standar sistem manajemen.

Sedang Kristiati menjelaskan tentang perkembangan Pendidikan Standardisasi di Indonesia serta mengenalkan sistem pembelajaran daring yang telah dikembangkan BSN. Sistem yang lebih dikenal dengan E-learning BSN ini memudahkan masyarakat, khususnya mahasiswa, untuk belajar tentang standardisasi dengan lebih mudah, cepat dan efisien. Melalui E-Learning, mahasiswa juga dapat mendapatkan sertifikat setelah mengikuti kuis yang tersedia pada sistem tersebut.

Program D3 Analis Kimia FMIPA UII ini merupakan salah satu dari dua perguruan tinggi vokasi di Indonesia yang telah menerapkan Mata Kuliah Standardisasi sebagai mata kuliah yang berdiri sendiri. Perguruan tinggi vokasi lainnya adalah Politeknik Negeri Banyuwangi di Jawa Timur. (erl)