Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

KAN Sampaikan Contoh Konsep Sistem Akreditasi dan Sertifikat Audit Teknologi

  • Senin, 15 April 2019
  • - -
  • 729 kali

Direktur Akreditasi Lembaga Inspeksi dan Lembaga Sertifikasi Badan Standardisasi Nasional (BSN), Triningsih Herlinawati memaparkan contoh Konsep Sistem Akreditasi dan Sertifikat Audit Teknologi dalam acara Focus Group Discussion (FGD) terkait Pemetaan Kapasitas Kelembagaan Audit Teknologi, pada Senin (15/04/2019), di Jakarta, yang diselenggarakan oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Direktorat Jenderal Penguatan Inovasi.

Contoh Konsep Sistem Akreditasi dan Sertifikat Audit Teknologi yang dipaparkan yaitu : proses akreditasi yang dilaksanakan oleh Komite Akreditasi Nasional (KAN), lembaga audit teknologi yang mengacu pada ISO/IEC 17065 (produk, proses, jasa), PP Audit Teknologi, serta skema penilaian audit teknologi yang dilaksanakan oleh Laboratorium dan Lembaga Sertifikasi.

Acara FGD yang bertujuan untuk merumuskan suatu roadmap pelaksanaan audit teknologi secara nasional ini dibuka oleh Direktur Sistem Inovasi Kemenristekdikti, Ophirtus Sumule yang memaparkan mengenai turn key melalui mekanisme alih teknologi “Impor teknologi melalui sistem “turn key” yang selama ini banyak dilakukan masih belum disertai dengan mekanisme alih teknologi yang baik sehingga menyebabkan ketergantungan teknologi luar negeri sangat tinggi”. Ujar Ophirtus. Diharapkan audit teknologi dimaksud segera bisa diimplemenstasikan pada tahun 2020.

Turut hadir selaku pembicara adalah Direktur Pusat Sistem Audit Teknologi BPPT, Arwanto yang menyampaikan mengenai Kapasitas Kelembagaan Audit Teknologi. Inti dari pemaparan tersebut adalah bahwa audit teknologi adalah untuk melakukan perbaikan dan pengembangan teknologi bukan untuk mencari kesalahan.

 

Bu Triningsih

Sementara itu, Ketua Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP), Kunjung Masehat menyampaikan mengenai strategi percepatan pengembangan SDM melalui sertifikasi kompetensi yang intinya adalah pemetaan peran kerja dalam kerangka kualifikasi nasional melalui teknologi digital untuk peningkatan kapasitas dan kualitas infrastruktur sertifikasi.

Setelah pemaparan-pemaparan tersebut, dilakukan tanya-jawab antar peserta sekaligus menutup rangkaian acara FGD ini. Diharapkan roadmap pelaksanaan audit teknologi secara nasional bisa segera terwujud dan terimplementasi dengan baik sesuai harapan. (Pja)

 



Basni

Ada tanggapan lebih lanjut?

Lapor
Hotline 021 392-7422 Whatsapp 0813 802 2930
Email bsn@bsn.go.id E-Pengaduan SIPMAS

Klik LAPOR untuk Pengaduan Masyarakat