Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

KLT BSN MAKASSAR MELAKUKAN SOSIALISASI PENDAFTARAN DAN KRITERIA SNI AWARD 2019 PADA PT. SEMEN BOSOWA

  • Selasa, 21 Mei 2019
  • Pusat ALLI
  • 1197 kali

Sebagai wujud apresiasi semangat para industri dan organisasi yang secara konsisten menerapkan Standar Nasional Indonesia (SNI), Badan Standardisasi Nasional (BSN) sebagai badan yang bertanggung jawab pada kegiatan standardisasi dan penilaian kesesuaian di Indonesia, mengadakan ajang penghargaan SNI Award setiap tahunnya. SNI Award merupakan satu-satunya ajang apresiasi pada para industri penerap SNI di Indonesia. Tahun 2019 ini, SNI Award diselenggarakan untuk yang ke-15 kalinya. Peserta SNI Award terdiri dari pelaku industri sektor besar, menengah, dan kecil maupun organisasi semisal rumah sakit dan institusi pendidikan. 

Pada tanggal 17 Mei 2019, KLT BSN Makassar  yang diwakili Putri Ivanna melakukan Sosialisasi pendaftaran dan Kriteria SNI Award 2019 pada PT. Semen Bosowa.  Acara tersebut dihadiri oleh pimpinan PT Semen Bosowa beserta staf.  Ruben Nora selaku Standart Certified Section Head dalam pembukaannya, mengucapkan terima kasih atas fasilitasi keikutsertaan PT Semen Bosowa dalam ajang SNI Award 2019. Merupakan kali pertama salah satu perusahaan semen terbesar di wilayah Indonesia Timur ikut dalam ajang yang bergengsi ini.Fasilitatator Peserta SNI Award 2019 oleh KLT BSN Makassar

Berikutnya, putri menjelaskan tentang syarat dan aturan SNI award 2019. Syarat peserta SNI Award 2019 adalah organisasi penghasil produk (barang dan jasa yang beroperasi minimal 3 tahun di Indonesia; tidak terlibat kasus pidana dalam jangak 5 tahun terakhir; bukan merupakan lembaga penilaian kesesuaian; organisasi pendidikan ditandai dengan SK Kemenkumham; terakreditasi BAN PT untuk perguran tinggi; bersedia dilakukan evaluasi lapangan; dan penerima Grand platinum dapat mengikuti setelah dua tahun menerima penghargaan Grand Paltinum.

Sedangkan kriteria penilaian dalam evaluasi lapangan terdiri dari aspek kepemimpinan, perencanan strategis, fokus pada pelanggan, pengelolaan sumber daya, proses produksi dan hasil-hasil (untuk kategori organisasi kecil). Sementara itu masih ada beberapa kategori yang berbeda sesuai dengan tingkatannya. PT. Semen Bosowa termasuk dalam kategori Organisasi Besar Barang karena perusahaan tersebut menerapkan SNI pada produk semen mereka.

Dengan diadakannya sosialisasi ini, diharapkan muncul penerima SNI Award 2019 di Sulsel untuk kategori Organisasi besar barang. KLT BSN Makassar bertugas menjadi fasilitator bagi pelaku usaha penerap SNI yang mendaftar ajang penghargaan ini. Sebagai informasi, SNI Award 2019 tidak dipungut biaya (opiq).



Basni

Ada tanggapan lebih lanjut?

Lapor
Hotline 021 392-7422 Whatsapp 0813 802 2930
Email bsn@bsn.go.id E-Pengaduan SIPMAS

Klik LAPOR untuk Pengaduan Masyarakat