Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Isu mengenai "stunting" kembali menjadi fokus nasional

  • Jumat, 15 Desember 2017
  • 3595 kali

 

Isu mengenai "stunting" kembali menjadi fokus nasional. Pengertian stunting sendiri adalah masalah multidimensi yang tidak semata-mata disebabkan oleh kurangnya asupan gizi pada ibu hamil, ibu menyusui dan balita, kontaminasi makanan termasuk air minum adalah salah satu penyebab stunting. Pun, makanan bergizi tinggi jika diolah dengan air yang tidak memenuhi standar mutu akan menjadi percuma sebab dapat menyebabkan penyakit langka jangka pendek dan jangka panjang. Menyingkapi hal tersebut, dalam rangka mencegah dan mengatasi stunting, perlu adanya peningkatan mutu dan keamanan produk pangan.

Sebagai mitra kerja kementerian lembaga, BSN bersama BPOM, LIPI, Kemendag, KKP, Kemenperin, Kementan, Kemenristek Dikti dan Kemenlu mengadakan rapat Komite Nasional Codex Indonesia di kantor BSN Jakarta, (14/12/17). Turut hadir dalam rapat Prof. F.G Winarno (Pakar Teknologi Pangan & Gizi), Prof. Purwiyatno Hariyadi (Vice Chair Codex), Roy Sparringa (Kepala BPOM 2013-2016).

Agenda rapat ini untuk memberikan masukan bagi peningkatan mutu dan keamanan pangan dalam rangka mengatasi permasalahan stunting di tingkat nasional