Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

BSN dan J-CHIF tinjau Laboratorium PUSKIM

  • Jumat, 19 Januari 2018
  • Pusat Perumusan
  • 401 kali

Kunjungan BSN dan J-CHIF 01

Sebagai tindak lanjut kerjasama J-CHIF (Japan Construction Material &. Housing Equipment Industries Federation), BSN dan  Pusat Litbang Perumahan dan Permukiman Kementerian Pekerjaan Umum (Puslitbangkim PU)  dalam rangka kerjasama Green Building Product, J-CHIF melakukan kunjungan ke laboratorium PUSKIM yang sedang dikembangkan secara mandiri oleh PUSKIM selama dua hari dari tanggal 17 Januari 2018 s.d 18 Januari 2018.

Pada kesempatan tersebut Deputi Bidang Penelitan dan Kerjasama Standardisasi BSN - I Nyoman Supriyatna mendampingi perwakilan dari J-CHIF yang dipimpin oleh Mr. Masaya Matsushima, hadir juga Perwakilan Asosiasi Kaca Lembaran dan Pengaman (AKLP) Yustinus Gunawan. Kunjungan tersebut diterima oleh Kepala Puslitkim PU-Prof.Dr.Ir. Arief Sabaruddin, CES beserta jajarannya.

 

Kunjungan JCHIF 02

Pada hari pertama dilakukan kunjungan laboratorium pengujian performa termal jendela yang sangat dibutuhkan dalam rangka penerapan 2 (dua) RSNI yang sedang disusun oleh Subkomite Teknis 91-01-S4 Bahan,Sain,Struktur & Konstruksi Bangunan Yaitu Kinerja termal jendela dan pintu – Penentuan dan pengukuran koefisien perolehan kalor iradiasi surya. Kunjungan tersebut dilanjutkan dengan diskusi antar expert dari J-CHIF dan PUSKIM untuk membahas peralatan dan perlengkapan yang perlu dikembangkan pada laboratorium tersebut sehingga dapat melakukan pengujian sebagaimana diatur pada RSNI yang sedang disusun.

 

Kunjnugan JCHIF 03Workshop singkat terkait Green Building Product dilakukan pada hari kedua. Pada workshop ini PUSKIM menyampaikan terkait sistem rating atau penilaian bangunan hijau, dilanjutkan dengan presentasi dari J-CHIF terkait standar JIS untuk pengujian jendela serta Presentasi dari AKLP mengenai kebutuhan SNI terkait jendela salah satunya dengan merevisi SNI 03-0573-1989 Jendela aluminium paduan, Syarat umum. (PPS/fyo)

 



Basni

Ada tanggapan lebih lanjut?

Lapor
Hotline 021 392-7422 Whatsapp 0813 802 2930
Email bsn@bsn.go.id E-Pengaduan SIPMAS

Klik LAPOR untuk Pengaduan Masyarakat