Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Laboratorium Penguji Mitra Agro Servindo Raih Akreditasi SNI ISO/IEC 17025:2008

  • Rabu, 28 Februari 2018
  • - -
  • 519 kali

JAKARTA SAWIT INDONESIA – Laboratorium  Penguji  PT Mitra Agro Servindo mendapatkan akreditasi SNI ISO/IEC 17025:2008 dari Komite Akreditasi Nasional (KAN). Pemberian akreditasi ini semakin meningkatkan kepercayaan konsumen dan mendapatkan pengakuan dunia internasional.

 

“Akreditasi ini akan meningkatkan layanan kami kepada konsumen. Selain itu, laboratorium PT MAS mendapatkan pengakuan dari dunia internasional,” ujar Eko Dermawan, Direktur PT Mitra Agro Servindo, dalam peresmian Laboratorium PT MAS sebagai  Laboratorium Penguji Akreditasi Nasional di Jakarta Barat, Rabu (27 Februari 2018).

 

SNI ISO/IEC 17025:2008 diadopsi dari standar ISO/IEC 17025  untuk persyaratan umum kompetensi laboratorium pengujian dan laboratorium kalibarasi. Laboratorium yang  mendapatkan ISO/IEC 17025 akan diakui secara internasional.

 

PT Mitra Agro Servindo mengajukan akreditasi mulai Agustus 2017 yang selesai sampai pemberian akreditasi pada Januari 2018.  Sebelum proses pengajuan, PT Mitra Agro Servindo telah menyiapkan laboratorium pengujian semenjak 2015. Persiapan dilakukan melalui penguatan kompetensi SDM dan sarana laboratorium mulai 2016, selanjutnya melakukan proses evaluasi sistem selama tiga bulan pada 2017.

 

Fajarina Budiantari, Manager Akreditasi Laboratorium Penguji Komite Akreditasi Nasional (KAN) menyebutkan bahwa proses akreditasi laboratorium PT MAS terbilang cepat karena di bawah satu tahun. Walaupun, proses akreditasi SNI ISO/IEC 17025:2008 sangatlah ketat sesuai regulasi berlaku.

 

“Kami mengucapkan selamat kepada PT MAS. Setelah mendapatkan akreditasi, KAN tetap memonitoring implementasi SNI di laboratorium PT MAS. Surveillance berjalan setiap tahun,” kata Fajarina.

 

Menurut Fajarina,perbedaan antara laboratorium yang terakreditasi dan tidak diakreditasi yaitu akurasi data. Sebab laboratorium berakreditasi SNI ISO/IEC 17025:2008 artinya sistem dan metodenya telah berjalan sesuai standar internasional. Dengan begitu memperkuat kepercayaan pelanggan serta memberikan pengakuandi tingkatan regional dan internasional.

 

Eko Dermawan mengatakan jasa laboratorium PT MAS ditujukan kepada sektor pertanian dan perkebunan seperti analisis daun, pupuk, dan tanah. Layanan lain yaitu memberikan rekomendasi pemupukan untuk meningkatkan produktivitas tanaman.  Keunggulan lain jasa laboratorium PT MAS yaitu lokasinya sangat strategis karena mudah dijangkau terutama untuk kebun-kebun yang berada di Sulawesi, Kalimantan, dan Sumatera Selatan.

 

Perusahaan ini menyediakan jasa berupa bimbing kultur teknis agronomi dan pabrik, pembangan sistem administrasi dan pelaporan di perkebunan atau enterprise resurces planning (ERP) khusus untuk perkebunan yaitu I-Me+ (Integrated MAS Explorer Plus), uji laboratorium dan pengolahan.

 

Mitra Agro Servindo juga memberikan layanan training, assessment dan pengembangan sumber daya manusia serta advisory pengelolaan dan penyediaan benih dan bibit unggul yang bekerjasama dengan produsen benih dalam negeri dan luar negeri.

 

Link: https://sawitindonesia.com/rubrikasi-majalah/berita-terbaru/laboratorium-penguji-mitra-agro-servindo-raih-akreditasi-sni-iso-iec-170252008/



Basni

Ada tanggapan lebih lanjut?

Lapor
Hotline 021 392-7422 Whatsapp 0813 802 2930
Email bsn@bsn.go.id E-Pengaduan SIPMAS

Klik LAPOR untuk Pengaduan Masyarakat