Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

BP Batam Penuhi Standar Mutu

  • Selasa, 06 Maret 2018
  • - -
  • 818 kali

 

 

BATAM - Laboratorium uji milik BP Batam dipastikan telah memiliki standar internasional untuk produk-produk elektronika. Dengan standard itu, produk yang dihasilkan memiliki mutu yang terjamin.

Kepala Laboratorium Uji BP Batam Afuan mengatkan bahwa pihaknya telah meraih sertifikasi ISO/IEC 17025 2017 untuk kedua kalinya pengujian Lead/Timbal (Pb), Cadmium (Cd), dan Hexavalent Chromium (Cr6 + ). "Kita sudah pernah mendapat sertifikasi serupa di 2013. Tahun ini diperpanjang lagi hingga 2022," ujarnya, Senin (5/3).

Sebagai kawasan perdagangan dan pelabuhan bebas berorientasi ekspor. Batam membutuhkan standar produk yang tinggi yang kompetitif.

Peranan laboratorium sangat menentukan dalam proses pengendalian mutu dan penjaminan mutu dari produk yang dihasilkan.

Sertifikat untuk laboratorium pengujian dan laboratorium kalibrasi yang dikeluarkan oleh Komite Akreditasi Nasional (KAN) sudah diakui oleh negara-negara kawasan Asia Pasifik karena mempunyai perjanjian saling pengakuan (Mutual Recognition Agreements).

Salah satunya adalah ISO/IEC 17025. Digunakan secara luas sebagai persyaratan diterimanya hasil pengujian dan hasil kalibrasi yang diperlukan oleh berbagai pihak di dunia.

Salah satu peran laboratorium uji BP Batam saat ini adalah memastikankomponen elektronika yang ada memenuhi standar pasar internasional. Salah satu standar adalah terkait pedoman pembatasan bahan berbahaya yang dikeluarkan Uni Eropa.

"Lab uji ini sudah terakreditasi untuk parameter pengujian Lead/Timbal (Pb), Cadmium (Cd). dan Hexavalent Chromium (Cr6 + )," jelasnya.

Laboratorium Uji BP Batam juga dapat melakukan pengujian limbah industri. Untuk itu Laboratorium Uji BP Batam dapat melakukan pelayanan pengujian bagi industri dalam memenuhi tuntutan kebijakan.

"Para pengguna jasa laboratorium yang berada di batam tidak perlu lagi mengirimkan sampel ke Jakarta maupun laboratorium di Singapura," jelasnya.

Laboratorium Uji BP Batam juga bekerja sama dengan laboratorium lain yang sudah terakreditasi untuk melakukan pengujian yang belum dapat dilakukan.

Saat ini Laboratorium Uji BP Batam telah memiliki tim analis yang sudah terlatih dengan baik untuk melakukan analisis dasar maupun dengan instrumentasi kimia. Untuk memberikan pelayanan terbaik, lab ini menerapkan standar jaminan mutu yang mengacu kepada ISO 17025.

"Untuk metode pengerjaan kami mengacu kepada Standar Internasional IEC62321 maupun SNI. Kami juga didukung dengan instrumentasi kimia yang canggih dan terkalibrasi secara reguler," ujarnya. 3.

Sumber : Bisnis Indonesia, 6 Maret 2018

 



Basni

Ada tanggapan lebih lanjut?

Lapor
Hotline 021 392-7422 Whatsapp 0813 802 2930
Email bsn@bsn.go.id E-Pengaduan SIPMAS

Klik LAPOR untuk Pengaduan Masyarakat