Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

BSN – MAFF Jajaki Kerjasama Standardisasi dan Penilaian Kesesuaian Bidang Pangan

  • Selasa, 10 April 2018
  • 3301 kali

Kepala Badan Standardisasi Nasional (BSN) Bambang Prasetya menerima kunjungan perwakilan Ministry of Agriculture Forestry and Fisheries Japan (MAFF) pada Senin (9/4/2018) di Kantor BSN, Jakarta. Kedatangan perwakilan negeri Sakura tersebut untuk membicarakan potensi kerja sama antara Indonesia dan Jepang dalam hal standardisasi dan penilaian kesesuaian bidang pangan.

Ministry of Agriculture Forestry and Fisheries Japan diwakili oleh Deputy Director Food Manufacture Affairs Division, Food Industry Affairs Bureau Sugita Keiichi, Director Standards and Conformity Assessment Policy Office, Food Manufacture Affairs Division, Food Industry Affairs Bureau Shuichi Matsumoto, serta Associate Director, Standard and Conformity Assessment Policy Office Food Manufacture Affairs Division, Food Industry Affairs Division Akiko Ishimaru.

Dalam pertemuan kali ini perwakilan MAAF memperkenalkan Japanese Agricultural Standard (JAS). Dengan harapan, Indonesia dan Jepang bisa menjalin kerja sama pengembangan standar dan penilaian kesesuaian di pangan, terutama hygiene and quality management  of foods, healthy and functional foods, organics foods, preparation for disasters, logistics serta eldercare.

Bambang Prasetya menyampaikan Indonesia sangat terbuka dengan peluang kerja sama tersebut. Ke depan, BSN dan MAFF bisa bekerja sama menyelenggarakan training / pelatihan tentang standar organik dan juga logistik untuk bencana alam.

Selain Kepala BSN, dalam pertemuan tersebut juga hadir Deputi Bidang Penelitian dan Kerjasama Standardisasi BSN I Nyoman Supriyatna, Kepala Pusat Kerjasama Standardisasi BSN Konny Sagala, Kepala Pusat Akreditasi Laboratorium dan Lembaga Inspeksi BSN Donny Purnomo, serta Kepala Pusat Sistem Penerapan Standar BSN Wahyu Purbowasito.(ria-humas)