Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

SNI Corner Hadir di Fakultas Teknologi Industri, Universitas Trisakti

  • Rabu, 02 Mei 2018
  • - -
  • 871 kali

Jakarta. Kepala Badan Standardisasi Nasional (BSN) Bambang Prasetya meresmikan SNI Corner di Perpustakaan Fakultas Teknologi Industri, Universitas Trisakti. Peresmian ini dihadiri oleh Wakil Rektor IV Universitas Trisakti Asri Nugrahanti, Dekan Fakultas Teknologi Industri Indra Suryati, serta Kepala Pusat Informasi dan Dokumentasi Standardisasi Y. Kristianto Widiardono (Rabu, 2/5/18).

Wakil Rektor IV Universitas Trisakti Asri Nugrahanti menyampaikan bahwa seluruh civitas akademika di lingkungan Universitas Trisakti dapat memanfaatkan informasi dan pengetahuan tentang standardisasi dan penilaian kesesuaian melalui SNI Corner yang merupakan tindak lanjut dari kerjasama Universitas Trisakti dengan BSN. “Kami akan mengoptimalkan kerjasama ini tidak hanya di SNI Corner tetapi juga meningkatkan laboratorium agar dapat diakreditasi oleh Komite Akreditasi Nasional (KAN)” ujar Asri.

Senada dengan Asri, Kepala BSN Bambang menjelaskan di era industri 4.0 peranan standardisasi dan penilaian kesesuaian sangat diperlukan. Terlebih di Perguruan Tinggi yang dapat memaksimalkan laboratoriumnya agar diintegrasikan dengan baik. Apabila laboratorium tersebut telah diakreditasi oleh KAN, maka laboratorium tersebut telah memiliki kemampuan dasar untuk memberikan pengakuan atas mutu suatu produk berdasarkan uji yang dilakukannya. “Universitas Trisakti sebagai role model bagi Perguruan Tinggi Swasta yang mampu menerapkan standar dan mengembangkan laboratoriumnya” ujar Bambang.

 

Melalui pendidikan standardisasi dan penilaian kesesuaian di perguruan tinggi, akan menambah pengetahuan dan meningkatkan nilai jual terhadap lulusannya. Bagi perguruan tinggi yang telah memasukkan kurikulum standardisasi, diharapkan dapat meningkatkan daya saing serta kompetensi mahasiswa berwawasan global. Selain itu, para dosen diharapkan dapat berpartisipasi aktif dalam perumusan standar baik nasional maupun internasional.

Selain kegiatan Launching SNI Corner ini, dilakukan pula penandatangan LoA dari Dekan Fakultas Teknologi Industri Indra Suryati dengan Kepala Pusat Informasi dan Dokumentasi Standardisasi Y. Kristianto Widiardono. (rmy/humas)

 



Basni

Ada tanggapan lebih lanjut?

Lapor
Hotline 021 392-7422 Whatsapp 0813 802 2930
Email bsn@bsn.go.id E-Pengaduan SIPMAS

Klik LAPOR untuk Pengaduan Masyarakat