Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Antusias Civitas Akademika Dalam Kuliah Umum Standardisasi dan Penilaian Kesesuaian di Univeristas Trisakti

  • Rabu, 02 Mei 2018
  • - -
  • 600 kali

Jakarta. Kepala Badan Standardisasi Nasional (BSN) Bambang Prasetya dalam kuliah umumnya menyampaikan bahwa standardisasi dan penilaian kesesuaian memiliki andil yang besar dalam kehidupan sehari-hari. Hingga bulan Maret 2018 ini, SNI yang telah ditetapkan oleh BSN berjumlah 9.784 SNI dan telah banyak dimanfaatkan oleh seluruh masyarakat. Kegiatan ini bertempat di Aula Fakultas Teknologi Industri, Universitas Trisakti yang dihadiri oleh 100 orang civitas akademika. (Rabu, 2/5/18).

Standar dapat digambarkan sebagai sesuatu yang aman bagi manusia dan alam, keteraturan, rapih, indah dan memiliki sesuatu yang pasti. Kepastian membuat kita nyaman dan aman dalam setiap kegiatan. Serta standar dapat menjadikan birokrasi yang bersih dan terhindar dari korupsi serta penyuapan dengan adanya SNI ISO 37001:2016 tentang sistem manajemen anti penyuapan.

 

Standardisasi dan penilaian kesesuaian merupakan salah satu alat untuk meningkatkan mutu, efisiensi produksi, memperlancar transaksi perdagangan, mewujudkan persaingan usaha yang sehat dan transparan. Selain itu, standardisasi juga berlaku terhadap barang, jasa, sistem, proses, atau personel. “Standar menjamin kepastian yang berkelanjutan dan meningkatkan kepercayaan” ujar Bambang.

Peranan perguruan tinggi dapat menambah konten tentang standardisasi dan penilaian kesesuaian pada kurikulum untuk menciptakan lulusan yang tangguh dan menjadi petarung global; meningkatkan mutu dan infrastruktur mutu di lingkungan perguruan tinggi; melakukan hilirisasi hasil riset berbasis pada standardisasi dan penilaian kesesuaian; pembinaan UMKM melalui kuliah kerja nyata (KKN) pada program pengabdian masyarakat; berpartisipasi aktif dalam pengembangan standar nasional maupun internasional; serta menjadi pakar dalam bidang tertentu untuk memperkuat posisi Indonesia di forum global. (rmy/humas)

 

Materi kuliah umum dapat di download melalui link di bawah ini:

https://drive.google.com/file/d/1RMwnXpA5aJmAmHs-0eK57dv96UdQKlr1/view?usp=sharing

 



Basni

Ada tanggapan lebih lanjut?

Lapor
Hotline 021 392-7422 Whatsapp 0813 802 2930
Email bsn@bsn.go.id E-Pengaduan SIPMAS

Klik LAPOR untuk Pengaduan Masyarakat