Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Pancasila Pemersatu Segala Perbedaan

  • Jumat, 01 Juni 2018
  • - -
  • 389 kali

Badan Standardisasi Nasional (BSN) bersama dengan Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) serta Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman melaksanakan Upacara Bendera dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila, Jumat (1/6/18). Upacara yang dilaksanakan di lapangan upacara lantai 3 gedung BPPT, Jakarta ini dipimpin oleh Sesmenko Kemaritiman, Laksda TNI (Purn) Agus Purwoto. Hadir dari BSN adalah pejabat eselon dan perwakilan dari unit kerja di lingkungan BSN.

“Sungguh Pancasila adalah berkah yang indah yang diberikan Tuhan Yang Maha Esa Kepada kita, melalui perenungan, pergulatan pemikiran dan kejernihan batin para founding fathers Indonesia,” ujar Inspektur upacara menyampaikan sambutan dari Presiden RI, Joko Widodo. Para pendiri bangsa dari berbagai kelompok, golongan dan latar belakang duduk bersama untuk menetapkan Pancasila sebagai pemersatu segala perbedaan. “Pancasila berperan sebagai falsafah dan dasar negara yang kokoh, yang menjadi pondasi dibangunnya Indonesia yang bersatu, berdaulat, adil dan makmur,” ujarnya.

Sebagai bangsa yang majemuk yang terdiri dari 714 suku dengan lebih dari 1.100 bahasa lokal yang hidup di lebih dari 17.000 pulau, semangat persatuan merupakan pilar utama dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Presiden Joko Widodo berpesan agar seluruh masyarakat Indonesia harus terus menerus bersatu memperkokoh semangat Bhinneka Tunggal Ika. “Kita harus bersatu dalam upaya kita untuk menjadi bangsa yang kuat, bangsa yang besar dan bangsa pemimpin,” tegasnya.

 

Presiden Joko Widodo pun berpesan agar peringatan Hari Lahir Pancasila di setiap tanggal 1 Juni ini dimanfaatkan sebagai momen pengingat, momen pemacu dan momen aktualisasi nilai-nilai Pancasila. Semangat bersatu, berbagi dan berprestasi akan meneguhkan derap langkah kita dalam membawa Indonesia menuju negara yang maju dan jaya. “Marilah kita terus amalkan warisan para founding fathers ini untuk kemajuan bangsa, dan sekaligus juga menjadi sumbangsih indonesia kepada masyarakat dunia,” ajaknya.

 

Selamat Hari Lahir Pancasila

Kita Bersatu !

Kita Berbagi !

Kita Berprestasi!

 

                                                                                                                                                                                       (ald-Humas)



Basni

Ada tanggapan lebih lanjut?

Lapor
Hotline 021 392-7422 Whatsapp 0813 802 2930
Email bsn@bsn.go.id E-Pengaduan SIPMAS

Klik LAPOR untuk Pengaduan Masyarakat