Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Gubernur Sumsel Yakin Pempek Go Internasional

  • Jumat, 10 Agustus 2018
  • - -
  • 277 kali

"Nah pinter pulok pak Alex bikin pempek" begitu celetuk Yayak (46) salah seorang warga saat melihat Gubernur Sumsel Alex Noerdin live cooking pempek dalam rangkaian acara Pemecahan Rekor Muri Sajian Pempek ber-SNI terbanyak 18.818 buah yang diselenggarakan oleh Badan Standardisasi Nasional (BSN), Rabu (8/8) sore di Pelataran Benteng Kuto Besak (BKB).

 

Bersama Menteri Pariwisata Republik Indonesia, Arief Yahya, Alex Noerdin tampak bergantian membentuk adonan pempek adaan untuk digoreng ke dalam minyak panas yang sudah disediakan.

 

Aksi dua tokoh ini tak urung membuat penasaran warga yang sudah memadati BKB sejak pagi.

 

Dengan gerakannya yang luwes, Alex didampingi Menpar tampak membentuk adonan pempek menyerupai bola untuk kemudian digoreng dalam minyak yang telah dihangatkan. Moment ini pun menuai komentar beragam dari kaum ibu-ibu yang ikut menyaksikan.

 

"Nah bagus jugo pempek buatan pak Alex," ucap salah seorang ibu-ibu dari luar tenda plastik tempat live cooking dilakukan.

 

Usai live cooking, rangkaian pemecahan rekor Muri itu dilanjutkan dengan sejumlah pergelaran permainan anak-anak dan layang-layang. Meski suasana sangat ramai dan padat Menpar dan Gubernur tetap semangat menjajal layangan yang sudah disediakan.

 

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengakui saat ini pempek sudah menjadi trending topik nasional. Karena itu dirinya berharap, Pemecahan Rekor Penyajian Pempek Terbanyak tersebut juga jadi trending topik.

 

"Paket pempek 7 ton perhari keluar Palembang itu adalah luar biasa. Saat ini top 5 kuliner Indonesia yang mendunia adalah rendang, soto, nasi goreng, gado-gado, dan tempe semoga pempek bisa jadi nomer 6 kuliner Indonesia yang mendunia," pungkasnya.

 

Ditambahkannya, Palembang memiliki dua potensi yang dapat mendunia yaitu pempek dan songket. Dirinya berharap, keduanya bisa menjadi potensi yang mampu mendorong Palembang makin dikenal dunia dan wisatawan tertarik mengunjungi Bumi Sriwijaya ini.

 

Sementara itu Gubernur Sumsel Alex Noerdin mengatakan, saat ini konsumsi dan pengiriman pempek ke luar Palembang mencapai 7 ton.

 

Bukan hanya ke dalam kota besar di Indonesia, pengiriman itu juga menjangkau negara-negara Asia seperti Malaysia hingga Singapura.

 

"Sekarang ini penerbangan melalui bandara kita sudah 40 kali lebih. Dalam waktu dekat kita akan buka penerbangan ke kota besar di China, saya yakin permintaan pempek akan naik lagi lebih dari 7 ton. Pempek bisa go internasional," jelasnya.

 

Dikatakan Alex, pemecahan rekor MURI ini tidak boleh disia-siakan karena bisa dijadikan moment untuk pempek goes to internasional. Apalagi pempek yang dibuat ini sudah memenuhi Standar Nasional Indonesia (SNI). Diapun berharap pempek segera menyusul tempe menjadi makanan Indonesia yang mendunia.

 

"Selain mempopulerkan pempek, acara ini juga baik untuk menggalakkan masyarakat agar mengkonsumsi ikan dan olahannya," jelasnya.

 

Sementara itu, Dr. Dra. Zakiyah, MM Deputi Bidang Informasi dan Pemasyarakatan Standardisasi, Badan Standarisasi Nasional (BSN), mengatakan penyelenggaraan ini bertujuan mendukung Asian Games dan mengenalkan pempek ke komunitas internasional. Terlebi diperkirakan akan ada 15.000 tamu yang datang saat Asian Games XVIII 2018 digelar.

 

"Kami harap akan tumbuh kesadaran masyarakat mengonsumsi ikan sekaligus membantu pemerintah mengatasi masalah nasional stunting,"pungkasnya.(*)

 

Link: http://www.tribunnews.com/nasional/2018/08/09/gubernur-sumsel-yakin-pempek-go-internasional?page=all.



Basni

Ada tanggapan lebih lanjut?

Lapor
Hotline 021 392-7422 Whatsapp 0813 802 2930
Email bsn@bsn.go.id E-Pengaduan SIPMAS

Klik LAPOR untuk Pengaduan Masyarakat