Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Lewat Pameran IQE BSN Promosikan Produk SNI

  • Senin, 17 September 2018
  • 1642 kali

SIAGAINDONESIA.COM Pameran Indonesia Quality Expo (IQE) ke-6, bakal digelar Badan Standardisasi Nasional (BSN) dan Pemerintah Provinsi Jawa Timur. Di Grand City Convex Surabaya pada, 25-28 Oktober 2018 mendatang. Dengan menampilkan produk unggulan ber Standar Nasional Indonesia (SNI) dan standar internasional serta informasi mengenai penilaian kesesuaian (lembaga sertifikasi, laboratorium, dan lembaga inspeksi).

 

Kegiatan nasional ini, adalah bagian dari rangkaian kegiatan peringatan Hari Standar Dunia dan Bulan Mutu Nasional tahun 2018. Pameran akan diikuti oleh lebih dari 50 instansi yang akan mengisi 170 booth yang ada di Ballroom Grand City Convex,” kata, Kepala Biro Hukum, Organisasi, dan Humas BSN Iryana Margahayu dalam jumpa persnya, Sabtu (15/9/2018).

 

“Pameran IQE akan didukung oleh berbagai pemangku kepentingan baik dari perusahaan, lembaga penilaian kesesuaian, pemerintah pusat dan daerah, serta perguruan tinggi. Bahkan, UKM-UKM unggulan yang sudah meraih SNI akan tampil dalam pameran IQE. Sehingga, masyarakat dapat memanfaatkan IQE sebagai ajang bertukar informasi, edukasi, serta transaksi,” ujarnya.

 

Di tambahkan Iryana, sejumlah perusahaan besar penerap SNI yang bisa menjadi role model seperti PT. Petrokimia Gresik, PT. Pupuk KALTIM, PT. Pertamina Lubricants, PT. Siemens Indonesia, PT. Semen Indonesia, PT. Insera Sena (Polygon), serta PT. Kencana Gemilang (MIYAKO) turut ambil bagian dalam Pameran IQE. “Beberapa produk unggulan yang ditampilkan diantaranya Pupuk, Pelumas, Alat Elektronik Rumah Tangga, Mainan Anak, Batik, Kain Tenun, Tekstil, Produk Makanan Olahan Ikan, dan sebagainya,” tuturnya.

 

Sebagai informasi, peserta pameran seperti PT. Petrokimia Gresik adalah perusahaan yang memperoleh penghargaan “Platinum” pada ajang SNI Award tahun 2017. 17 produk perusahaan ini telah memiliki Sertifikasi Produk Penggunaan Tanda SNI/SPPT SNI. Adapun PT. Semen Indonesia adalah perusahaan yang telah menerapkan beberapa standar seperti ISO 9001, ISO 14001, SMK3-OHSAS 18001, ISO/IEC 17025, ISO 31000, dan Sistem Manajemen lainnya.

 

“Khusus Provinsi Jawa Timur, kami akan membuat pavilion khusus sebanyak 50 booth yang akan menampilkan UKM-UKM Binaan yang sudah meraih SNI. Disitu nantinya masyarakat juga bisa mendapatkan berbagai produk unggulan Jawa Timur dan bisa menanyakan pengalaman UKM dalam meraih SNI. Dan dibooth BSN sendiri akan mengadakan Konsultasi SNI Gratis yang bisa mendukung informasi yang ada dalam pameran IQE,” paparnya.

 

“Kami berharap, momentum dan kesempatan terbaik dengan mengunjungi pameran IQE ke-6 di Surabaya mendatang, dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh masyarakat di Surabaya maupun daerah sekitarnya. Karena, pameran ini juga akan dimeriahkan dengan berbagai lomba edukatif, kuis produk ber-SNI, hiburan musik, fashion show, demo masak pempek ber-SNI, serta tak lupa doorproze produk ber-SNI,” tandasnya.

 

Sementara itu, Kepala Pusat Penerapan Standar BSN Wahyu Purbowasito mengatakan, Jawa Timur memang layak sebagai tuan rumah pameran IQE dan kegiatan Bulan Mutu Nasional tahun 2018. “Potensi Jawa Timur sangat luar biasa sehingga cocok berkolaborasi dengan BSN mempromosikan produk unggulan ber-SNI,” ucapnya.

 

“Ada 397 perusahaan di Jawa Timur, yang telah bersertifikat SNI Produk. Kalau ditambah dengan perusahaan yang meraih SNI Sistem Manajemen Mutu, jumlahnya bisa mencapai ribuan. Sebab, total perusahaan besar dan menengah di provinsi itu sebanyak 6 ribuan. Jadi kalau ditambah dengan UKM, tentunya angkanya jauh lebih besar dari angka tersebut,” ungkap Wahyu.

 

“Untuk perkembangan LPK di Jawa Timur, juga cukup signifikan angkanya. Total sebanyak 243 LPK yang terdiri dari Lembaga Sertifikasi, Laboratorium, dan Lembaga Inspeksi terakrediasi Komite Akreditasi Nasional (KAN). Ketersediaan LPK sebanyak ini tentunya bisa mendukung penerapan SNI di provinsi Jawa Timur. Apalagi komitmen Jawa Timur dalam menerapkan SNI cukup luar biasa sehingga BSN memberikan penghargaan Tokoh Standardisasi kepada Gubernur Jawa Timur Bapak Soekarwo pada tahun 2014 lalu,” pungkasnya. (Zer)

 

Link: http://www.siagaindonesia.com/193733/lewat-pameran-iqe-bsn-promosikan-produk-sni.html