Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Building Automation System dan Standar Saling Berkaitan

  • Kamis, 20 September 2018
  • 3280 kali

Deputi Informasi dan Pemasyarakatan Standardisasi Badan Standardisasi Nasional (BSN), Zakiyah menyampaikan hal itu dalam Seminar Building Automation System di Jiexpo Kemayoran, Jakarta, Kamis (20/9). Pertemuan bertema "Building Automation System Sebagai Bagian Dari Kota Pintar" itu diselenggarakan oleh BSN, Masyarakat Standardisasi Indonesia (MASTAN) dan PT. Pamerindo
Dalam sambutan mewakili Kepala BSN, Zakiyah mengatakan bahwa Standardisasi, termasuk Standar Nasional Indonesia (SNI) memberikan solusi signifikan sebagai common denominator bagi pengembangan kota pintar di seluruh Indonesia.

 

 

SNI memberikan panduan penting untuk semua aspek kehidupan kota, termasuk bangunan hemat energi, transportasi cerdas, pengelolaan limbah lebih baik dan membangun masyarakat berkelanjutan. “Oleh karena itu, dalam menerapkan konsep smart city di Indonesia diperlukan suatu standar baik standar internasional dan SNI bagi kota-kota di Indonesia. Ukuran ideal kota cerdas dapat dilakukan dengan penggunaan standar pada tipa komponen pendukungnya”, ujarnya.

 

Acara dilanjutkan sesi diskusi panel, menghadirkan 3 pembicara yaitu Endra Joelianto dari ITB dengan topik "Konsep Smart Building dan Building Automation System", Hendro Kusumo dari BSN dengan topik "Standardisasi di Bidang Smart Building" dan M.Arif Ihsan dari PT. Scada Cipta Prima dengan topik "Best Practice Pengembangan Smart Buidling". Moderator diskusi adalah Djoko Wiyono dari MASTAN.

Seminar ini dalam rangka memeriahkan Pameran Building Sytems & Automation serta Pameran Elenex Indonesia 2018 yang berlangsung dari tgl 19 - 21 September. Selain berpartisipasi dalam seminar, BSN juga berpartisipasi dalam dengan mengisi booth pameran. (Awg)