Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Standardisasi Dukung Sustainable Development Goals (SDGs)

  • Jumat, 28 September 2018
  • - -
  • 480 kali

Standar merupakan alat yang dibutuhkan untuk mendukung Sustainable Development Goals (SDGs). Pemerintah dapat membuat kebijakan publik berbasis standar untuk mempermudah comparability, compatibility dan pengumpulan inisiatif-inisiatif yang mendukung SDGs agar dapat saling melengkapi serta memperoleh keberterimaan atas hasil dari komitmen untuk mencapai SDGs.

 

Peraturan Presiden RI No. 59 Tahun 2017 tentang Pelaksanaan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan telah ditetapkan pada tanggal 10 Juli 2017. Hal ini menunjukan komitmen Pemerintah Indonesia sebagai salah satu negara anggota Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dalam pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan / Sustainable Development Goals (SDGs).

 

Salah satu bentuk komitmen Indonesia adalah turut aktif di dunia internasional. Badan Standardisasi Nasional (BSN) sebagai satu-satunya contact point Indonesia di keanggotaan ISO turut berpartisipasi dalam Open Session on SDGs di Jenewa, Swiss pada Rabu (26/9). Acara ini merupakan bagian dari Rangkaian Sidang ke-41 ISO General Assembly. (Materi Open Session dapat diakses pada link berikut: https://www.unece.org/index.php?id=48369)

 

Delegasi Indonesia, Prof. Faisal Fathani dari Universitas Gajah Mada mengangkat kontribusi standar bagi SDGs 11 - Sustainable cities and communities. Studi kasus yang diangkat mengenai pengembangan dan implementasi standar ISO 22327 Security and resilience—Emergency management—Guidelines for implementation of a community-based landslide early warning system. Standar ini diusulkan oleh Indonesia dan dikembangkan oleh ISO/TC 292 Security and resilience, dimana Prof. Fathani sebagai Project Leader-nya.

 

Dalam Open Session disampaikan bahwa ISO telah selesai memetakan standar-standar ISO yang dapat digunakan untuk mencapai SDGs, dan dapat diakses dalam linkhttps://www.iso.org/sdgs.html. United Nations Economic Commission for Europe (UNECE) juga sedang mengembangkan project database untuk memetakan standar-standar yang dapat digunakan untuk mendukung pencapaian SDGs.

 

Saat ini Indonesia juga sedang dalam proses menyiapkan National Platform untuk membahas isu-isu terkait SDGs dan standar. Program ini merupakan bagian dari tindaklanjut partisipasi aktif Indonesia dalam United Nation Forum for Sustainability Standards (UNFSS). Dukungan dan partisipasi aktif pemerintah, industri, konsumen dan akademia sangat diharapkan dalam National Platform Indonesia. (PKS/Humas)



Basni

Ada tanggapan lebih lanjut?

Lapor
Hotline 021 392-7422 Whatsapp 0813 802 2930
Email bsn@bsn.go.id E-Pengaduan SIPMAS

Klik LAPOR untuk Pengaduan Masyarakat