Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Indonesia Berpartisipasi dalam Indo-Pacific Digital Trade Standardization Initiatives

  • Jumat, 28 September 2018
  • - -
  • 481 kali

Indonesia menghadiri pertemuan regional dengan negara-negara Asia, Pasific and Africa yang diselenggarakan oleh Australia pada 27 September 2018, di sela-sela Rangkaian Sidang ke-41 ISO General Assembly di Jenewa, Swiss. Pertemuan ini juga dihadiri oleh Laos, Kamboja, Filipina, dan Vanuatu; serta perwakilan dari ISO Regional Asia-Pasific.

 

Pertemuan ini membahas inisiatif standardisasi perdagangan digital Indo-Pasifik. Inisiatif yang didukung oleh Pemerintah Australia, Standards Australia, ISO dan IEC ini dimulai dengan memetakan dan menganalisa kebutuhan standar (Juli 2018-September 2019); dilanjutkan dengan pembangunan kapasitas dan penguatan institusi (Oktober 2019-Maret 2021); implementasi, monitoring, evaluasi dan perencanaan masa depan (April-Juni 2021); dan laporan outcome aktivitas yang direncanakan pada Juni 2021.

 

Dalam pertemuan ini, dibahas pula manfaat-manfaat yang dapat diperoleh dari program inisiatif, diantaranya:

- Meningkatkan partisipasi badan-badan standar nasional (serta pemangku kepentingan mereka) dalam subkomite ISO/IEC JTC 1

- Menciptakan kepedulian dan pemahaman pengguna terhadap standar internasional Digital

- Meningkatkan adopsi, penggunaan dan implementasi standar internasional Digital secara sukarela

 

Untuk menindaklanjuti pertemuan ini, Indonesia harus memberikan kontak person yang akan menjadi penghubung komunikasi terkait project ini, paling lambat 31 Oktober 2018. Kemudian, Indonesia harus mengidentifikasi kebutuhan untuk diusulkan dipenuhi dalam kerangka project Indo-Pacific Digital Trade Standardization Initiatives. (PKS-Humas)



Basni

Ada tanggapan lebih lanjut?

Lapor
Hotline 021 392-7422 Whatsapp 0813 802 2930
Email bsn@bsn.go.id E-Pengaduan SIPMAS

Klik LAPOR untuk Pengaduan Masyarakat